Peningkatan hasil belajar matematika pada pokok bahasan kubus dan balok dengan model pembelajaran contextual teaching and learning pada siswa kelas VIII A semester II MTs Miftahul Khoirot tahun pelajaran 2014/2015

Iswanto, Iswanto (2015) Peningkatan hasil belajar matematika pada pokok bahasan kubus dan balok dengan model pembelajaran contextual teaching and learning pada siswa kelas VIII A semester II MTs Miftahul Khoirot tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_113511100_Iswanto]
Preview
Text (SKRIPSI_113511100_Iswanto)
113511100.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah: ”Apakah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas VIII A Madrasah Tsanawiyah Miftahul Khoirot Pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok Tahun Pelajaran 2014/2015?”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai rata rata hasil belajar siswa pada materi kubus dan balok ≥ 75 dan Ketuntasan Klasikal 85% siswa mendapat nilai ≥ 75.Model pembelajaran yang digunakan adalah Contextual Teaching and Learning ( CTL ) yang dilaksanakan dalam dua (2) siklus, siklus 1 membahas tentang luas permukaan kubus dan balok dan siklus 2 membahas tentang volume kubus dan balok. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A MTs Miftahul Khoirot Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa sebanyak 39 anak. Dalam Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) ini ,Setiap siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.
Dari hasil penelitian akhir siklus 1 diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 76,67, siswa tuntas sebesar 76,92 % , prosentase keaktifan siswa sebesar 72,8% dan kinerja guru dalam proses pembelajaran 84% .Berdasarkan hasil analisis peneliti dan kolaborator, maka hasil belajar belum mencapai indikator yang telah ditetapkan yaitu ketuntasan klasikal 85% siswa tuntas mendapat nilai ≥ 75 belum tercapai. Hal ini disebabkan karena pada siklus 1, Siswa belum siap menerima model pembelajaran baru, siswa masih bingung mengerjakan LK ( Lembar Kerja ), siswa masih kurang aktif dan waktu yang digunakan untuk mengerjakan soal post test yang masih kurang.
Pelaksanaan pada siklus 2 dilakukan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ditemukan pada siklus 1. Dari hasil analisis akhir siklus 2 diperoleh nilai rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 79,36, ketuntasan klasikal 87,18 % , Prosentase kinerja guru 90% dan Prosentase keaktifan siswa sebesar 80,77% .
Berdasarkan hasil analisis siklus 1 dan siklus 2, rata rata hasil belajar, ketuntasan klasikal , kinerja guru dan keaktifan siswa meningkat mencapai indikator, maka terbukti bahwa pembelajaran dengan model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar kelas VIIIA MTs Miftahul Khoirot Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015 khususnya pada sub pokok bahasan Kubus dan Balok.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Contextual Teaching and Learning (CTL); Hasil Belajar; Matematika; Kubus dan balok
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 14 Apr 2016 06:22
Last Modified: 22 May 2021 06:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5328

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics