Hierarki Prioritas Pendidikan pada Anak Usia 6-12 Tahun (Sebuah Kajian Tafsir Tahlili QS. Luqman Ayat 12-15)
Maslihan, Maslihan (2012) Hierarki Prioritas Pendidikan pada Anak Usia 6-12 Tahun (Sebuah Kajian Tafsir Tahlili QS. Luqman Ayat 12-15). Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.
073111057_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (688kB) | Preview
073111057_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (88kB) | Preview
073111057_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (119kB) | Preview
073111057_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (163kB) | Preview
073111057_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (176kB) | Preview
073111057_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (14kB) | Preview
073111057_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (14kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini membahas tentang studi Al-Qur’an.. Kajiannya dilatarbelakangi oleh materi pendidikan anak yang terdapat dalam Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab bagaimana materi pendidikan anak dan hierarki prioritas materi pendidikan pada anak usia 6-12 tahun dalam QS. Luqman ayat 12-15.
Berdasarkan data-data yang terkumpul dalam bentuk deskripsi (tulisan), maka penelitian ini menggunakan metode riset perpustakaan (library research) dengan analisis deskriptif dengan cara mengumpulkan sumber data primer dan sekunder yang berkaitan dengan tema pembahasan dan permasalahannya yang diambil dari sumber-sumber kepustakaan kemudian dianalisis dibandingkan kemudian diidentifikasi dan pengelompokkan serta diklarifikasi sesuai dengan pokok bahasan dalam bentuk bab perbab mempermudah menganalisis data.
Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode analisis tahlili. Metode tafsir tahlili menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an dengan memaparkan segala aspek yang terkandung di dalam ayat-ayat yang ditafsirkan itu serta menerangkan makna-makna yang tercakup di dalamnya sesuai dengan keahlian dan kecenderungan para mufassir yang menafsirkan ayat tersebut.
Hasil penelitian menyebutkan, Dalam surat Luqman ayat 12-15, terlihat adanya materi pendidikan anak usia 6-12 tahun meliputi aspek akidah (iman kepada Allah SWT, kitab suci, Rasul), syari’ah (shalat), dan akhlak (akhlak personal meliputi berbakti kepada orang tua, dan akhlak sosial meliputi berbuat baik kepada sesama manusia dalam bentuk perilaku dan tutur kata). Pendidikan anak sebagaimana yang dicontohkan Luqman yakni dengan memberikan dasar keyakinan tauhid pada usia dini anak, sungguh akan memberikan dampak yang sangat besar bagi perkembangan keberagamaan anak selanjutnya, sehingga ketika anak dewasa dan menerima berbagai macam ilmu dia akan tetap meletakkan dan mengamalkannya di atas dasar keimanannya dan ilmu yang demikianlah kiranya yang akan mampu memberikan kepada pemiliknya keselamatan dan kesejahteraan dunia akhirat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Dasar; Tafsir Tahlili; Pendidikan Anak; Pendidikan Islam |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1226 Interpretation and Criticism 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 05 Dec 2013 07:24 |
Last Modified: | 03 Jul 2021 07:08 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/573 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year