Efektivitas model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap pemahaman konsep materi logika Matematika kelas X Madrasah Aliyah Program Keagamaan (MAPK) Darul Falah Pati tahun pelajaran 2015/2016
Mawaddah, Zahrotul (2016) Efektivitas model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap pemahaman konsep materi logika Matematika kelas X Madrasah Aliyah Program Keagamaan (MAPK) Darul Falah Pati tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (778kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (170kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (570kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (507kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (625kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (268kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (143kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (12MB) | Preview
Abstract
Pembelajara di MA Darul Falah Pati kurang efektif termasuk pada materi logika matematika karena dalam proses pembelajaran masih menggunakan model konvensional, di mana guru menyampaikan materi berupa penjelasan tentang konsep logika matematika, kemudian dicacat oleh peserta didik yang pada akhirnya peserta didik mempunyai kesempatan yang terbatas untuk mengungkapkan pendapatnya serta tidak bisa mengkonstruksi pengetahuan baru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep materi logika matematika kelas X MAPK Darul Falah Pati tahun pelajaran 2015/2016?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kefektifan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap pemahaman konsep materi logika matematika kelas X MAPK Darul Falah Pati tahun pelajaran 2015/2016.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi eksperimen dengan desain eksperimen klasikal (classical experimental design). Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MAPK yang terdiri yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 101 siswa. Sampel penelitian ini diambil dua kelas berdasarkan cluster random sampling yaitu kelas X B MAPK sebagai kelas eksperimen dan kelas X C MAPK sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan model model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, metode observasi, dan metode tes.
Berdasarka hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata nilai hasil belajar kelas eksperimen sebesar 97,941 dan kelas kontrol sebesar 73,735. Uij perbedaan rata-rat hasil belajar anatar kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan uji t satu pihak yaitu uji pihak kanan karena varians antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sama. Dari uji perbedaan rata-rata diperoleh hasil yaitu t_hitung=6,608. Dengan dk=66 pada taraf signifikan α=5% diperoleh t_tabel=1,668 . dengan demikian t_hitung>t_tabel, maka terdapat perbedaaan rata-rata hasil belajar pada kedua kelas tersebut. Jadi, dapat dikatakan bahwa model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) efektif terhadap pemahaman konsep materi logika matematika kelas X MAPK Darul Falah Pati tahun pelajaran 2015/2016.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukan civitas akademika, para tenaga pengajar khususnya bidang matematika. Serta mampu memberikan semangat dan sikap positif terhadap pembelajaran matematika agar senantiasa memperoleh hasil yang maksimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Emy Siswanah, S. Pd., M. Sc.; Hj. Nadhifah, S. Th.I., M.S.I. |
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC); Logika matematika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 511 General principles |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 04 Oct 2016 00:38 |
Last Modified: | 04 Oct 2016 00:38 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5897 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year