Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan alat peraga terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII pada materi garis dan sudut di SMP Negeri 16 Semarang tahun pelajaran 2015/2016

Nairuzah, Aniqotun (2016) Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan alat peraga terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII pada materi garis dan sudut di SMP Negeri 16 Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (630kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (601kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (320kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan di kelas VII SMP Negeri 16 Semarang yaitu kemampuan komunikasi matematis siswa masih kurang, baik secara lisan maupun tulisan, hal ini dapat dilihat: (1) Siswa kesulitan dalam mengemukakan argumen yang berupa ide-ide matematika yang terdapat pada gambar atau permasalahan, hal ini dikarenakan siswa belum belum bisa mengemukakan argumen mereka dengan baik dan siswa juga masih ragu-ragu dalam mengemukakan argumennya, (2) Siswa masih kesulitan dalam mengilustrasikan suatu permasalahan yang diberikan oleh guru ke dalam bentuk gambar, hal ini dikarenakan siswa belum mampu memahami permasalahan yang diberikan, (3) Siswa kesulitan dalam mengevaluasi ide-ide matematika yang terdapat dalam permasalahan dan gambar, (4) Siswa juga belum mampu menyatakan permasalahan ke dalam model matematika, karena siswa masih kesulitan dalam menggunakan istilah dan notasi matematika. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan-permasalahan tersebut, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan alat peraga terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 16 Semarang pada materi garis dan sudut tahun pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan teknik analisis uji-t. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan alat peraga, sedangkan variabel terikat penelitian adalah kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 16 Semarang.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode tes, metode observasi, dan metode dokumentasi. Metode tes digunakan untuk memperoleh data kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diberikan perlakuan berbeda antara kelas kontrol dan eksperimen, kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan model Problem Based Learning berbantuan alat peraga sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode observasi digunakan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa selama proses pembelajaran. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data umum sekolah dan data siswa beserta nilai ulangan semester gasal. Soal post-test terlebih dahulu dilakukan uji coba instrument meliputi pengujian validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda.
Data post-test dianalisis menggunakan teknik analisis statistik parametris. Berdasarkan analisis data bahwa data hasil penelitian berdistribusi normal dan homogen, maka uji hipotesis penelitian menggunakan uji t. Perhitungan uji t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh = 2,49 sedangkan . Karena maka H0 ditolak yang berarti rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan alat peraga lebih tinggi dibanding dengan siswa yang diajar menggunakan model konvensional, hal ini dapat dilihat dari hasil tes yang menunjukkan bahwa kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata 62,18 sedangkan kelas kontrol mendapat nilai rata-rata 51,63. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan alat peraga berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 16 Semarang tahun ajaran 2015/2016.
Untuk observasi yang dilakukan pada siswa kelas eksperimen selama kegiatan pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan pada setiap pertemuan. Hal ini ditunjukkan oleh rata-rata nilai observasi kemampuan komunikasi matematis, pada pertemuan pertama rata-rata nilainya 45,86, dan pada pertemuan kedua rata-rata nilainya 59,28. Sedangkan untuk kelas kontrol memiliki kemampuan komunikasi matematis yang konstan/tetap dan memiliki rata-rata nilai 43,26. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan alat peraga berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 16 Semarang tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Yulia Romadistri, S. Si., M. Sc.
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Problem Based learning; Garis dan sudut; Hasil belajar; Komunikasi matematis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 05 Oct 2016 01:31
Last Modified: 05 Oct 2016 01:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5902

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics