Efektivitas penggunaan metode eksperimen terhadap peningkatan hasil belajar siswa (psikomotorik dan kognitif) pada pokok bahasan Cahaya kelas VIII SMP Negeri 4 Juwana tahun pelajaran 2015/2016
Nafi’ah, Ulin (2016) Efektivitas penggunaan metode eksperimen terhadap peningkatan hasil belajar siswa (psikomotorik dan kognitif) pada pokok bahasan Cahaya kelas VIII SMP Negeri 4 Juwana tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
123611028.pdf - Accepted Version
Download (14MB) | Preview
Abstract
Kajian pada penelitian ini dilatarbelakangi oleh pokok bahasan fisika yang dirasa masih sulit dipahami oleh siswa karena siswa harus meyelesaikan permasalahan secara abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode eksperimen terhadap peningkatan hasil belajar siswa (psikomotorik dan kognitif) pada pokok bahasan cahaya kelas VIII SMP Negeri 4 Juwana tahun pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain quasi experimental desaign bentuk nonequivalent control group desaign dengan populasi sebanyak 165 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan sebanyak dua kali yaitu analisis data tahap awal dengan menggunakan nilai pretest dan analisis data tahap akhir dengan menggunakan data posttest. Pengujian perbedaan rata-rata menggunakan uji-t.
Pengujian perbedaan rata-rata menunjukkan bahwa hasil belajar siswa (kognitif) diperoleh t_hitung = 2,48 dan t_tabel = 2,0057459. Hal ini menunjukkan bahwa t_hitung > t_tabel, maka dapat disimpulkan bahwa maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran dengan metode eksperimen dan pembelajaran dengan motode pembelajaran konvensional, dengan kata lain metode eksperimen efektif digunakan dalam pembelajaran IPA pokok bahasan cahaya. Hasil belajar (psikomotorik) dilakukan dengan cara mengkonversikan skor ke dalam nilai. Dalam perhitungan diperoleh bahwa nilai rata-rata untuk kelas eksperimen adalah 73 sedangkan Nilai rata-rata untuk kelas kontrol adalah 71,05, maka dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen > nilai rata-rata kelas kontrol. Berdasarkan hasil belajar tersebut, menunjukkan bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar pada psikomotorik dan kognitif lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Selain itu, siswa yang nilai kognitifnya baik, nilai psikomotoriknya juga baik. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen efektif digunakan karena dapat meningkatkan hasil belajar belajar siswa.. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran manggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya pokok bahasan cahaya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode eksperimen; Metode pembelajaran; Psikomotorik; Kognitif; Hasil belajar; Cahaya |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 535 Light and related radiation |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 06 Oct 2016 02:51 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 09:50 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5917 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year