Efektivitas model pembelajaran probing prompting dengan pendekatan scientific terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sifat-sifat operasi hitung bilangan kelas IV MI Sultan Fatah Demak tahun ajaran 2015/2016

Khasanah, Uswatun (2016) Efektivitas model pembelajaran probing prompting dengan pendekatan scientific terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sifat-sifat operasi hitung bilangan kelas IV MI Sultan Fatah Demak tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (611kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (372kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (351kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena hasil belajar peserta didik kelas IV di MI Sultan Fatah Demak tahun 2015/2016 pada materi Sifat-sifat Operasi Hitung Bilangan masih di bawah KKM 70. Hal ini disebabkan karena kurangnya keaktifan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran matematika, karena peserta didik hanya mendengarkan, mencatat dan mengerjakan latihan soal yang diberikan oleh guru sehingga peserta didik tidak terlibat langsung dalam proses pembelajaran, akibatnya hasil belajar pun kurang maksimal. Dan penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah : apakah pendekatan probing prompting dengan pendekatan scientific efektif meningkatkan hasil belajar materi Sifat-sifat Operasi Hitung Bilangan pada peserta didik kelas IV MI Sultan Fatah Demak tahun 2015/2016. Efektivitas pada penelitian ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen, dengan desain post test only control design. Sampel diperoleh dengan cluster random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV yang terbagi menjadi dua kelas dengan jumlah peserta didik 70, dengan kelas IV A yang terdiri dari 35 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B yang terdiri dari 35 peserta didik sebagai kelas kontrol. Peserta didik kelas V sebagai kelas uji coba soal dengan jumlah peserta didik 26. Sebelum instrument test digunakan untuk mendapat data yang objektif terlebih dahulu dilakukan uji coba untuk pengujian validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran.
Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan test. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik uji perbedaan rata-rata yaitu analisis uji t test. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil test yang dilakukan diperoleh rata-rata hasil belajar (post test) kelompok yang menggunakan model pembelajaran Probing prompting dengan pendekatan scientific adalah 76,14 sedangkan rata-rata hasil belajar yang menggunakan metode konvensional adalah 66,90. Berdasarkan hasil uji t test diperoleh bahwa thitung = 2,785 dan ttabel = 1,671 dengan taraf nyata sebesar 5% jika thitung > ttabel maka Ha diterima artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik pada materi pokok operasi hitung campuran antara penggunaan model pembelajaran Probing prompting dengan pendekatan scientific dengan metode konvensional. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran Probing prompting dengan pendekatan scientific efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pokok Sifat-sifat Operasi Hitung Bilangan kelas IV MI Sultan Fatah Demak tahun 2015/2016.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi, motivasi dan sebagai bahan masukan bagi para tenaga pendidik. Dan diharapkan menjadi bahan pengalaman peserta didik untuk dapat menerapkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran probing prompting dengan pendekatan scientific materi pokok sifat-sifat operasi hitung bilangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Hasil belajar; Matematika untuk pendidikan dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 18 Nov 2016 07:49
Last Modified: 26 Jun 2021 03:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6101

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics