Efektivitas metode make a match dengan media gambar terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas IV materi pokok keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia di MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2015/2016

Khoirunnisa’, Siti (2016) Efektivitas metode make a match dengan media gambar terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas IV materi pokok keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia di MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (576kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (496kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode make a match dengan media gambar efektif terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas IV materi pokok keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia di MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian eskperimen, yang dilaksanakan di MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik yang terdiri dari kelas IV A, IV B, dan IV C yang berjumlah 81 peserta didik. Sedangkan sampel dalam penelitian ini melibatkan dua kelas, yaitu kelas IV B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 26 peserta didik dan kelas IV C sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 27 peserta didik.
Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi untuk memperoleh daftar nama peserta didik yang digunakan untuk menghitung normalitas dan homogenitas masing-masing kelas. Metode observasi untuk memperoleh data tentang situasi dan proses pembelajaran di MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang. Selain menggunakan metode dokumentasi dan observasi peneliti juga menggunakan metode tes yaitu untuk memperoleh data nilai post test hasil pembelajaran yang diterapkan metode make a match dengan media gambar dan juga untuk kelas yang menggunakan metode ceramah.
Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji-t. berdasarkan uji-t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung = 4,562 sedangkan ttabel =1,675. Karena thitung > ttabel maka rata-rata hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran menggunakan metode make a match dan media gambar lebih efektif daripada hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran yang menggunakan metode ceramah. Berdasarkan data yang diperoleh dari rata-rata nilai akhir kelas eksperimen = 79,259 dan kelompok kontrol = 66,346. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran make a match dan media gambar efektif terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas IV materi pokok keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia di MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2015/2016.
Dengan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi ataupun masukan bagi pendidik maupun calon pendidik bahwa hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS materi pokok keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia dengan menggunakan metode make a match dan media gambar lebih efektif dari pada menggunakan metode ceramah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Make a macth; Hasil belajar; Media pembelajaran; Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS); Pendidikan dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 09 Dec 2016 03:04
Last Modified: 26 Jun 2021 03:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6180

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics