Problematika pembelajaran matematika kelas V SD Islam Hidayatullah Semarang tahun pelajaran 2015/2016
Santi, Alfi Nur (2016) Problematika pembelajaran matematika kelas V SD Islam Hidayatullah Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
123911031.pdf - Accepted Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang
problematika pembelajaran matematika dikelas VD SD Islam
Hidayatullah Semarang. Pertanyaan penelitian terkait dengan
pelaksanaan pembelajaran matematika, dan problematika
matematika di kelas VD SD Islam Hidayatullah Semarang.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apa
sajakah problematika pembelajaran matematika kelas VD SD Islam Hidayatullah Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016 ?.
Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang
dilaksanakan di SD Islam Hidayatullah Semarang dengan sumber
data peserta didik, guru dan kepala sekolah untuk mendapatkan data tentang problematika pembelajaran matematika kelas V SD Islam Hidayatullah Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. Problem yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu problem baik menyangkut masalah proses pembelajaran matematika maupun subjek yaitu siswa dan guru.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang terdiri dari tahap perencanaan, pengumpulan data awal, data utama, dan data akhir, serta penyelesaian.. Datanya diperoleh berdasarkan observasi, metode angket, interview / wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui proses triangulasi sumber dan metode. Semua data dianalisis dengan pendekatan Kualitatif dan metode analisis datanya dengan pengelompokkan sumber data hasil penelitian yang disajikan dalam analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika kelas VD SD Islam Hidayatullah kurang optimal dalam proses maupun hasil belajar. Pada pelaksanaan pembelajaran matematika terdapat problem – problem yang ditemukan. Problem tersebut meliputi problem yang dialami oleh siswa sebagai subjek pembelajaran dan problem dari guru. Problematika dalam pembelajaran matematika yaitu siswa yang kesulitan dalam menghitung, pemahaman bahasa matematika yamg masih kurang (kesulitan pada soal cerita) ,kesulitan dalam persepsi visual dan
persepsi auditori (soal pecahan), kurangnya minat dan motivasi terhadap pelajaran matematika. Sedangkan problem guru yaitu jarang/kurang dalam mneggunakan alat/media pembelajaran dan metode pembelajaran yang kurang bervariasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Matematika untuk pendidikan dasar; Metode pembelajaran |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 09 Dec 2016 05:46 |
Last Modified: | 04 Dec 2021 03:49 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6190 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year