Implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran akidah akhlak kelas rendah di MI Al-Mubarokah Tungu Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2015/2016

Mukhafidhoh, Alfida Roikhatum (2016) Implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran akidah akhlak kelas rendah di MI Al-Mubarokah Tungu Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (590kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (363kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (533kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (290kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (302kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (955kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter dalam mata pelajaran Akidah Akhlak kelas rendah di MI Al-Mubarokah Tungu Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan. Kajiannya dilatarbelakangi oleh substansi mata pelajaran Akidah Akhlak yang memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempraktikkan nilai-nilai keyakinan keagamaan (tauhid) dan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: “Bagaimanakah implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas rendah di MI Al-Mubarokah Tungu Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2015/2016”. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MI Al-Mubarokah. Datanya diperoleh dengan cara wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode analisis yang digunakan ada tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi.
Kajian ini menunjukkan bahwa: penerapan pendidikan pendidikan karakter dalam mata pelajaran Akidah Akhlak kelas rendah di MI Al-Mubarokah Tungu dilakukan dengan cara memberikan pembiasaan, dan keteladanan kepada peserta didik. Pembiasaan diberikan dalam bentuk membaca juz ‘amma dengan baik dan benar sebelum memulai pembelajaran, membiasakan untuk jujur, disiplin, peduli, cinta ilmu, toleransi, kreatif dan menghargai prestasi. Sedangkan keteladanan yang diberikan oleh guru ialah dengan mencontohkan bagaimana mempunyai sifat-sifat terpuji dan menjauhi sifat-sifat tercela dalam kehidupan sehari-hari.
Selanjutnya penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi bagi lembaga pendidikan khususnya MI Al-Mubarokah sehingga dapat meningkatkan kualitas proses pendidikan karakter dalam pembelajaran Akidah Akhlak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter; Pendidikan dasar; Pendidikan Akhlaq
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 09 Dec 2016 05:47
Last Modified: 03 Jul 2021 04:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6191

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics