Implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran akidah akhlak kelas rendah di MI Al-Mubarokah Tungu Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2015/2016
Mukhafidhoh, Alfida Roikhatum (2016) Implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran akidah akhlak kelas rendah di MI Al-Mubarokah Tungu Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (590kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (363kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (533kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (290kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (302kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (109kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (221kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (955kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter dalam mata pelajaran Akidah Akhlak kelas rendah di MI Al-Mubarokah Tungu Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan. Kajiannya dilatarbelakangi oleh substansi mata pelajaran Akidah Akhlak yang memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempraktikkan nilai-nilai keyakinan keagamaan (tauhid) dan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: “Bagaimanakah implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas rendah di MI Al-Mubarokah Tungu Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2015/2016”. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MI Al-Mubarokah. Datanya diperoleh dengan cara wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode analisis yang digunakan ada tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi.
Kajian ini menunjukkan bahwa: penerapan pendidikan pendidikan karakter dalam mata pelajaran Akidah Akhlak kelas rendah di MI Al-Mubarokah Tungu dilakukan dengan cara memberikan pembiasaan, dan keteladanan kepada peserta didik. Pembiasaan diberikan dalam bentuk membaca juz ‘amma dengan baik dan benar sebelum memulai pembelajaran, membiasakan untuk jujur, disiplin, peduli, cinta ilmu, toleransi, kreatif dan menghargai prestasi. Sedangkan keteladanan yang diberikan oleh guru ialah dengan mencontohkan bagaimana mempunyai sifat-sifat terpuji dan menjauhi sifat-sifat tercela dalam kehidupan sehari-hari.
Selanjutnya penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi bagi lembaga pendidikan khususnya MI Al-Mubarokah sehingga dapat meningkatkan kualitas proses pendidikan karakter dalam pembelajaran Akidah Akhlak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter; Pendidikan dasar; Pendidikan Akhlaq |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 09 Dec 2016 05:47 |
Last Modified: | 03 Jul 2021 04:35 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6191 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year