Upaya peningkatan pemahaman peserta didik kelas V A mata pelajaran IPA materi adaptasi dengan model pembelajaran jigsaw di MI Miftahul Akhlaqiyah Ngaliyan Semarang tahun ajaran 2015/2016
Amalia, Dawi Zulfa (2016) Upaya peningkatan pemahaman peserta didik kelas V A mata pelajaran IPA materi adaptasi dengan model pembelajaran jigsaw di MI Miftahul Akhlaqiyah Ngaliyan Semarang tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (310kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (204kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (233kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (369kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (91kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (62kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil penelitian pada saat PPL yang menunjukkan bahwasanya hasil pemahaman peserta didik pada mata pelajaran IPA. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang lebih banyak menggunakan metode konvensional yakni terpusat pada guru (absolutisme). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pemahaman peserta didik pada pembelajaran IPA materi Adaptasi di kelas VA MI Miftakhul Akhlaqiyah Ngaliyan Semarang melalui penerapan metode Jigsaw. Manfaat penelitian ini yaitu memberikan sumbang pemikiran pada dalam melakukan inovasi pembelajaran dari teacher centered ke student centered melalui penerapan metode jigsaw sebagaimana teori yang digunakan dalam pembelajaran IPA. Peserta didik dengan demikian akan terlibat secara langsung dalam mencari, menemukan, menggali, dan memproses pengetahuannya sendiri.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan apakah dengan penggunaan metode pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan pemahaman peserta didik di MI Miftakhul Akhaqiyah Ngaliyan Semarang. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan tahapan dari setiap siklusnya adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Data dalam penelitian ini diperoleh dari guru (observer) dan peserta didik melalui dokumentasi, tes, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian siklus I sampai siklus II, diperoleh data bahwa hasil pemahaman peserta didik dalam proses pembelajaran sebelumnya dan hasil tes juga mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu ketuntasan klasikal 51,7% pada siklus I dan menjadi 81,5% pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa dengan metode jigsaw dapat meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran IPA materi pokok Adaptasi di MI Miftahul Akhlaqiyah Ngaliyan Semarang Tahun Ajaran 2015/2016.
Jadi penerapan metode jigsaw dapat meningkatkan pemahaman peserta didik pada pembelajaran IPA tentang Adaptasi di Kelas VA MI Miftahul Akhlaqiyah Ngaliyan Semarang Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman siswa; Model pembelajaran; Jigsaw; Sains untuk pendidkikan dasar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 09 Dec 2016 05:48 |
Last Modified: | 12 Jun 2021 04:44 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6192 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year