Efektivitas metode pembelajaran kooperatif group investigation (GI) terhadap hasil belajar IPA materi gaya kelas IV MI NU 39 Kertosari Singorojo Kendal tahun pelajaran 2015/2016
Mustikaningrum, Ragil Sari (2016) Efektivitas metode pembelajaran kooperatif group investigation (GI) terhadap hasil belajar IPA materi gaya kelas IV MI NU 39 Kertosari Singorojo Kendal tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (143kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (420kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (810kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (94kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (3MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang efektivitas metode pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) dalam meningkatkan hasil belajar IPA materi gaya kelas IV MI NU 39 Kertosari Singorojo Kendal Tahun Pelajaran 2015/2016. Kajiannya dilatarbelakangi oleh metode pembalajaran yang diterapkan di kelas kurang bervariasi, sehingga siswa merasa jenuh, hasil belajar kurang optimal, dan belum sesuai harapan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA materi gaya kelas IV MI NU 39 Kertosari Singorojo Kendal Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MI NU 39 Kertosari Singorojo Kendal. Bentuk eksperimen dalam penelitian ini adalah true eksperimental design (eksperimen betul – betul) dengan jenis pretest dan posttest. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena yang menjadi sampel penelitian ini adalah seluruh populasi yaitu kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol.
Teknik pegumpulan data dilakukan dengan wawancara, tes, dan dokumentasi. Kedua kelas diberi tes awal pretest untuk mengetahui keadaan awal sebelum diberikan perlakuan. Kedua kelas tersebut kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan metode Group Investigation (GI) dan kelas kontrol menggunakan ceramah dan diskusi. Proses pembelajaran selesai, kemudian kedua kelas diberi posttest yang sama.Data hasil penelitian yang terkumpul, diananlisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji . Rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen metode Group Investigation (GI) adalah 72,50 dan kelompok kontrol 60,71. Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata diperoleh t Hitung = 4,771 dan t tabel = 2,01. Uji menunjukan bahawa pada penelitian ini , maka, penerapan metode Group Investigation (GI) efektif dalam meningkatkan hasil belajar materi gaya kelas IV MI NU 39 Kertosari Singorojo Kendal Tahun Pelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Group investigation; Hasil belajar; Sains untuk pendidikan dasar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 15 Dec 2016 00:11 |
Last Modified: | 03 Jul 2021 05:38 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6205 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year