Peningkatan prestasi belajar IPA materi pembuatan makanan pada tumbuhan dengan menggunakan metode drill dan berbantukan media LCD di kelas V MI Adinuso Kecamatan Reban Kabupaten Batang tahun pelajaran 2015/2016
Mualim, Mualim (2016) Peningkatan prestasi belajar IPA materi pembuatan makanan pada tumbuhan dengan menggunakan metode drill dan berbantukan media LCD di kelas V MI Adinuso Kecamatan Reban Kabupaten Batang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (473kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (158kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (320kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (965kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (239kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (10kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (95kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (835kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran yang belum efektif pada proses pembelajaran IPA di kelas V MI Adinuso Kecamatan Reban Kabupaten Batang. Dilihat dari ketuntasan belajar IPA nilai 70 hanya berkisar pada 40-50 % dari jumlah peserta didik. Oleh karena itu, diperlukan suatu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan apakah penerapan metode drill dan berbantukan media LCD dapat meningkatkan prestasi belajar IPA materi pembuatan makanan pada tumbuhan dengan di kelas V MI Adinuso Kecamatan Reban Kabupaten Batang tahun pelajaran 2015/2016?. Permasalahan tersebut dilakukan melalui penelitian tindakan kelas melalui 2 siklus dengan setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penerapan metode drill dan berbantukan media LCD dapat meningkatkan prestasi belajar IPA materi pembuatan makanan pada tumbuhan dengan di kelas V MI Adinuso Kecamatan Reban Kabupaten Batang tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini terlihat dari hasil belajar per siklus dimana pada pra siklus ada 7 peserta didik atau 42%, siklus I ada 12 peserta didik atau 70%, dan pada siklus II ada 15 peserta didik atau 88%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Hasil belajar; Media pembelajaran; Sains untuk prndidikan dasar; Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 19 Dec 2016 03:51 |
Last Modified: | 26 Jun 2021 07:00 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6222 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year