Penerapan pembelajaran quantum learning and teaching menggunakan model inquiri materi memelihara lingkungan untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas I MI Islamiyah Bulusari Sayung Demak 2015/2016
Boediasih, Sri (2015) Penerapan pembelajaran quantum learning and teaching menggunakan model inquiri materi memelihara lingkungan untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas I MI Islamiyah Bulusari Sayung Demak 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (668kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (154kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (285kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (235kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (297kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (87kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (173kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (2MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini dilatarbelakangi selama ini pengajaran pendidikan IPA lebih banyak dilakukan di dalam kelas dengan hanya berpedoman pada buku-buku pendamping saja, siswa kurang dilibatkan dalam kegiatan yang sebenarnya.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah melalui penerapan pembelajaran quantum learning and teaching menggunakan model inquiri materi memelihara lingkungan untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas I MI Islamiyah Bulusari Sayung Demak tahun pelajaran 2015/2016 ?
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus. Dengan setiap siklus, tahapan-nya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penerapan quantum learning and teaching menggunakan model inquiri dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa. Dari penelitian hasil siklus II proses pelaksanaan penerapan pembelajaran quantum learning and teaching menggunakan model inquiri materi memelihara lingkungan di kelas I MI Islamiyah Bulusari Sayung Demak 2015/2016 sudah meningkat dari pra siklus dan siklus I serta telah mencapai target yang telah direncanakan, yaitu : nilai ketuntasan pra siklus 25,9% dan nilai ketuntasan pada siklus I mencapai51. 8%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 88.9% dari 27 siswa. Dalam keaktifan siswa pada kategori aktif dan aktif sekali pada siklus I mencapai 40.7% dan meningkat pada siklus II mencapai 74.0% dari 27 siswa. Hasil yang telah dicapai sudah sesuai indikator yang telah ditentukan yaitu: nilai ketuntasan dengan KKM 70 sebanyak 75% dan keaktifan belajar siswa kategori aktif dan aktif sekali mencapai 75% dari jumlah seluruh siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Hj. Malikhatul Hidayah, ST., M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Prestasi belajar; Quantum learning and teaching; Sains untuk pendidikan dasar; Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 20 Dec 2016 03:28 |
Last Modified: | 27 Nov 2021 03:34 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6224 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year