Upaya meningkatkan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits materi pokok surah Al-‘Adiyat dengan metode drill di kelas IV MI Miftahul Huda Krajanbogo Bonang Demak tahun pelajaran 2015/2016

Syarif, Syarif (2016) Upaya meningkatkan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits materi pokok surah Al-‘Adiyat dengan metode drill di kelas IV MI Miftahul Huda Krajanbogo Bonang Demak tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (474kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (560kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi selama ini metode yang digunakan di kelas IV MI Miftahul Huda Krajanbogo Bonang Demak masih bersifat klasik dengan mengandalkan sorogan sehingga siswa bersifat pasif dan susah memahami materi. Pembelajaran yang bersifat tradisional juga menjadikan selama ini nilai ketuntasan belajar masih jauh dari ideal, karena dilihat dari prestasi belajar nilai ketuntasan belajar Al-Qur’an Hadits dengan KKM 70 hanya 50% yang tuntas, Oleh karena itu, perlunya penerapan model pembelajaran yang sesuai, salah satunya adalah metode drill.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana penerapan metode drill pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits materi pokok surah Al-‘Adiyat di kelas IV MI Miftahul Huda Krajanbogo Bonang Demak Tahun Pelajaran 2015/2016?, 2) Adakah peningkatan prestasi belajar belajar Al-Qur’an Hadits materi pokok surah Al-‘Adiyat menggunakan metode drill di kelas IV MI Miftahul Huda Krajanbogo Bonang Demak Tahun Pelajaran 2015/2016?
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode drill pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits materi pokok surah Al-‘Adiyat di kelas IV MI Miftahul Huda Krajanbogo Bonang Demak Tahun Pelajaran 2015/2016 dilakukan dengan berbagai siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi, perencanaan dilakukan peneliti yaitu peneliti membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (terlampir), merancang pembentukan kelompok pasangan, dan menggunakan media, peneliti menyiapkan lembar observasi (terlampir) dan pendokumentasian, Sedang pada tahap tindakan ini merupakan proses pembelajaran yang dilakukan yang dimulai dari persiapan dengan do’a dan absensi sementara itu setting kelas dengan setting biasa, huruf U, selain itu juga menggunakan beberapa media untuk memperjelas materi yang disampaikan seperti gambar dan Audio Visual, kemudian pada tahap pelaksanaan pembelajaran dengan guru membaca al-Qur’an Surah Al-‘Adiyat secara keseluruhan maupun per ayat dengan pelan-pelan, pembagian kelompok pasangan, setiap individu atau kelompok pasangan maju ke depan untuk menghafal dan dikomentari peserta didik lain, tindakan diakhiri dengan tes menghafal secara sorogan dan diteruskan dengan do’a bersama. Pada tahap observasi peneliti meneliti kegiatan peserta didik tiap siklus, dari hasil tes lesan dan observasi tersebut kemudian direfleksi untuk pedoman pembelajaran siklus berikutnya. 2) Ada peningkatan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits materi pokok surah Al-‘Adiyat menggunakan metode drill di kelas IV MI Miftahul Huda Krajanbogo Bonang Demak Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil hafalan per siklus dimana pada pra siklus ada 11 siswa atau 46%, siklus I ada 16 siswa atau 66% dan pada siklus II ada 22 siswa atau 88%, hal ini melampui indikator yang ditentukan yaitu 80% ke atas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Prestasi belajar; Al-Qur'an Hadits
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 20 Dec 2016 03:29
Last Modified: 08 Dec 2021 10:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6225

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics