Penerapan metode gallery walk dalam meningkatkan prestasi belajar fiqih materi ketentuan ibadah haji pada siswa kelas V MI Nurul Huda Gebugan Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2015/2016
Lathifah, Haniek (2016) Penerapan metode gallery walk dalam meningkatkan prestasi belajar fiqih materi ketentuan ibadah haji pada siswa kelas V MI Nurul Huda Gebugan Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (398kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (48kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (158kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (53kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (153kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (26kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (16kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (857kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang peningkatan prestasi belajar mata pelajaran fiqih materi ketentuan ibadah haji kelas V MI Nurul Huda Gebugan Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang. Kajiannya dilatar belakangi oleh rendahnya hasil dan minat belajar siswa. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab: apakah penerapan metode gallery walk dalam pembelajaran Fiqih materi ketentuan ibadah haji dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V MI Nurul Huda Gebugan Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2015/2016.
Permasalahan tersebut dibahas melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan 3 (tiga) siklus. Tiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari planning (rencana) action (tindakan), pengamatan (pengamatan), dan reflektion (refleksi). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V MI Nurul Huda Gebugan, yang berjumlah 21 siswa, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan metode gallery walk pada saat pembelajaran Fiqih.
Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa, penerapan metode gallery walk dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari jumlah siswa yang tuntas belajar pada pra siklus sebanyak 13 siswa atau 61,90%, meningkat pada siklus I sebanyak 15 siswa atau 71,43%, meningkat lagi pada siklus II sebanyak 17 siswa atau 80,95%, dan terjadi peningkatan pada siklus III sebanyak 19 siswa atau 90,48%, peningkatan pada siklus III ini telah mencapai ketuntasan belajar klasikal yang dikehendaki yaitu 85%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Prestasi belajar; Fiqih |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 20 Dec 2016 04:46 |
Last Modified: | 26 Jun 2021 04:13 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6227 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year