Penelitian tindakan kelas meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK) pada materi sifat–sifat cahaya mata pelajaran ilmu pengetahuan alam siswa kelas V Abdurrohman bin ‘Auf MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2015/2016

Muryani, Yuliana (2016) Penelitian tindakan kelas meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK) pada materi sifat–sifat cahaya mata pelajaran ilmu pengetahuan alam siswa kelas V Abdurrohman bin ‘Auf MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 123911294.pdf]
Preview
Text
123911294.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran IPA yang terjadi di MI Darul Ulum yang dilaksanakan masih berpusat pada guru bukan pada siswa, sehingga siswa kurang berperan aktif dalam pembelajaran dan mengakibatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA tidak mencapai KKM yang telah ditetapkan oleh madrasah. Model pembelajaran VAK adalah solusi yang digunakan oleh peneliti untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA Sifat-sifat Cahaya siswa kelas V Abdurrohman bin ‘Auf MI Darul Ulum Wates Ngaliyan.
Penelitian Tindakan Kelas ini berbasis kooperatif sehingga dalam pelaksanaannya penelitian dilakukan melalui kerjasama dengan guru kelas. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 2 siklus dan masing-masing siklus memiliki 4 tahapan yaitu rencana, tindakan, pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I hasil belajar siswa mencapai 71 % atau 20 siswa yang mampu mencapai nilai KKM. Kemudian hasil tersebut diperbaiki lagi pada siklus II hingga mencapai ketuntasan belajar sebanyak 89 % atau 25 siswa. Sedangkan proses keaktifan siswa juga mengalami peningkatan, dimana pada siklus I hanya mencapai 65 % atau 18 siswa yang mencapai ketuntasan klasikal dan pada siklus II mencapai 99 % atau 26 siswa berperan aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Jadi dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran tipe VAK dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V Abdurrohman bin ‘Auf MI Darul Ulum Ngaliyan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Hasil belajar; Ilmu Pengetahuan Alam (IPA); Sains untuk pendidikan dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 24 Dec 2016 04:23
Last Modified: 03 Jul 2021 05:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6243

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics