Upaya peningkatan hasil belajar matematika materi luas persegi dan persegi panjang melalui metode index card match pada siswa kelas III MI Permata Belia Kalipancur Ngaliyan Semarang tahun 2015/2016

Larasati, Andana Murti (2016) Upaya peningkatan hasil belajar matematika materi luas persegi dan persegi panjang melalui metode index card match pada siswa kelas III MI Permata Belia Kalipancur Ngaliyan Semarang tahun 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-V.pdf]
Preview
Text
BAB I-V.pdf - Accepted Version

Download (717kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika materi luas persegi dan persegi panjang di MI Permata Belia Kalipancur Ngaliyan Semarang. Berdasarkan hasil pengamatan yang peneliti lakukan pada pembelajaran sebelum diadakan penelitian, guru hanya menggunakan model pembelajaran ceramah, guru masih sangat dominan dalam proses belajar mengajar dan tidak menggunakan media ataupun alat peraga dalam menyampaikan materi. Hal ini yang menjadikan peserta didik pasif dalam belajar. Cara yang dapat ditempuh untuk menyelesaikan masalah tersebut yakni dengan pembelajaran metode Index Card Mach materi luas persegi dan persegi panjang .Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Untuk mengetahui apakah Metode Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi luas persegi dan persegi panjang pada siswa kelas III MI Permata Belia Kalipancur Ngaliyan Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian yang dilakukan berupa penelitian tindakan kelas (Classroom action research).Penelitianinidilaksanakandalam2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik analisis data penelitian ini diolah dengan analisis deskriptif untuk menggambarkan keadaan peningkatan indikator keberhasilan tiap siklus dan untuk menggambarkan keberhasilan pembelajaran matematika menggunakan metode index card match. Ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran tahun lalu adalah 47 %.Pada siklus I ketuntasan belajar siswa 63% dan pada siklus II ketuntasan belajar siswa menjadi 84%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penggunaan metode pembelajaran index card match dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi luas persegi dan persegi panjang di kelas III MI Permata Belia Kalipancur Ngaliyan Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Hasil belajar; Matematika untuk pendidikan dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 24 Dec 2016 04:31
Last Modified: 26 Jun 2021 04:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6249

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics