Upaya meningkatkan hasil belajar matematika meteri keliling bangun datar melalui model pembelajaran contextual teaching learning bagi siswa kelas III MI NU 34 Rowobranten Ringinarum Kendal tahun pelajaran 2015/2016

Nahdiyah, Lina (2016) Upaya meningkatkan hasil belajar matematika meteri keliling bangun datar melalui model pembelajaran contextual teaching learning bagi siswa kelas III MI NU 34 Rowobranten Ringinarum Kendal tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 123911350.pdf]
Preview
Text
123911350.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika materi keliling bangun datar padasiswa kelas III MI NU 34 Rowobranten. Berdasarkan hasil pengamatan yang peneliti lakukan pada pembelajaran sebelum diadakan penelitian,guru hanyamenggunakan model pembelajaran ceramah, guru masih sangat dominan dalam proses belajar mengajar dantidakmenggunakan media ataupun alat peraga dalam menyampaikan materi. Hal ini yang menjadikan peserta didik pasif dalam belajar.Cara yang dapat ditempuh untuk menyelesaikan masalah tersebut yakni dengan pembelajaran model Contextual Teaching Learning ( CTL ) dalam materi keliling bangun datar.Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran CTL pada materi keliling bangun datar ? (2) Apakah model pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi keliling bangun datar bagi siswa kelas III MI NU 34 Rowobranten Ringinarum Kendal Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian yang dilakukanberupapenelitiantindakankelas (Classroom action research).Penelitian ini dilaksanakan dalam2 siklus,dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik analisis data penelitian ini diolah dengan analisis deskriptif untuk menggambarkan keadaan peningkatan indikator keberhasilan tiap siklus dan untuk menggambarkan keberhasilan pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching Learning.
Ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran tahun lalu adalah 47%.Pada siklus I ketuntasan belajar siswa 63% dan pada siklus II ketuntasan belajar siswa menjadi 84%.Kesimpulan pada penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi keliling bangun datar di kelas III MI NU 34 Rowobranten KendalTahunPelajaran2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : Kristi Liani Purwanti, S. Si., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Hasil belajar; Pendidikan matematika; Matematika untuk pendidikan dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 29 Dec 2016 00:24
Last Modified: 29 Dec 2016 00:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6252

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics