Studi Manajemen Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di SD Islam Hidayatullah Semarang

Fatukaloba, Adam (2012) Studi Manajemen Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di SD Islam Hidayatullah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 073311028_Coverdll.pdf]
Preview
Text
073311028_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (913kB) | Preview
[thumbnail of 073311028_Bab1.pdf]
Preview
Text
073311028_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 073311028_Bab2.pdf]
Preview
Text
073311028_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 073311028_Bab3.pdf]
Preview
Text
073311028_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 073311028_Bab4.pdf]
Preview
Text
073311028_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 073311028_Bab5.pdf]
Preview
Text
073311028_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (17kB) | Preview
[thumbnail of 073311028_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
073311028_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (15kB) | Preview

Abstract

Manajemen pembelajaran baca tulis Al-Qur’an merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah lembaga pendidikan, khususnya lembaga pendidikan formal. Hal ini dilatarbelakangi oleh kurang seimbangnya jam pelajaran pendidikan agama Islam di sekolah formal. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) bagaimana manajemen perencanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SD Islam Hidayatullah (2) bagaimana manajemen pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SD Islam Hidayatullah (3) bagaimana manajemen evaluasi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SD Islam Hidayatullah . Penelitian ini merupakan bagian dari jenis penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif ini memusatkan perhatian pada prinsip-prinsip umum yang mendasarkan pada perwujudan satuan-satuan. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini diperoleh melalui metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, Perencanaan manajemen pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SD Islam Hidayatullah Semarang cukup baik sekali. Hal ini dapat dilihat dengan adanya upaya untuk mewujudkan tujuan pembelajaran yang sistematis yang mencakup pengembangan sarana, kualitas guru, dan kualitas siswa. Kedua, pelaksanaan manajemen pembelajaran baca tulis Al-Qur’an yang dilaksanakan di SD Islam Hidayatullah Semarang sangat baik sekali. Hal ini dibuktikan dengan pemilihan metode yang berkesesuaian dengan materi pelajaran serta kebutuhan dan kondisi kemampuan siswa. Ketiga, evaluasi yang dilaksanakan oleh SD Islam Hidayatullah Semarang tidak lain sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas internal sekolah (terkait dengan kualitas guru dan siswa) dan kualitas sekolah di mata eksternal. Relevansi dari manajemen pembelajaran dengan optimalisasi hasil belajar dapat dibuktikan dengan banyaknya siswa yang membaca dan menulis serta hafal juz amma dalam Al-Qur'an, hafalan doa-doa sebelum belajar, hafalan surat-surat pendek diwaktu apel pagi, yang dilakukan sebelum jam pelajaran dan sesudah jam pelajaran sebagai kegiatan extra sangat menunjang proses pembelajaran baca tulis Al-Qur’an. Khususnya pada pencapaian membaca dan menulis Al-Qur'an dalam pemahaman ibadah. Karena dibimbing secara langsung oleh guru yang dari segi kuantitas dan kompetensinya sangat memadai dalam pencapaian tujuan sekolah membentuk generasi yang qur’ani.
Kepala sekolah hendaknya melakukan pengamatan kepada aktivitas guru dalam segi Silabus maupun RPP para guru, yang berkaitan dengan proses perencanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an, agar ketika terdapat kekurangan dapat diperbaiki hingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran; Baca Tulis Al-Qur’an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 06 Dec 2013 10:25
Last Modified: 06 Dec 2013 10:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/643

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics