Efektivitas model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar materi pokok bangun ruang pada peserta didik kelas VIII MTs Safinatul Huda 01 Sowan Kidul Kedung Jepara tahun pelajaran 2011/2012
Huda, Miftahul (2012) Efektivitas model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar materi pokok bangun ruang pada peserta didik kelas VIII MTs Safinatul Huda 01 Sowan Kidul Kedung Jepara tahun pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
073511060_Coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB) | Preview
073511060_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (41kB) | Preview
073511060_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (110kB) | Preview
073511060_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (131kB) | Preview
073511060_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (152kB) | Preview
073511060_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (17kB) | Preview
073511060_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (18kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Picture and Picture efektif untuk meningkatkan hasil belajar materi pokok bangun ruang pada peserta didik kelas VIII MTs Safinatul Huda 01 Sowan Kidul Kedung Jepara tahun pelajaran 2011/2012.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang berdesain “posttest-only control design”.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII semester II MTs. Safinatul Huda Tahun Pelajaran 2011/2012 yang terbagi dalam 4 kelas sebanyak 131 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling. Terpilih peserta didik kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VIII-C sebagai kelas kontrol. Pada akhir pembelajaran kedua kelas diberi tes dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembedanya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode wawancara, dokumentasi, dan tes. Data dianalisis dengan uji perbedaan rata-rata (uji t) pihak kanan. Berdasarkan penelitian diperoleh thitung = 6,466 sedangkan nilai t = 1,669. Karena t > t maka H ditolak. Artinya rata-rata hasil belajar matematika yang diajar dengan Model pembelajaran picture and picture berbeda secara signifikan daripada rata-rata hasil belajar matematika yang diajar tanpa menggunakan Model pembelajaran picture and picture.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil tes kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol sehingga dapat dikatakan Model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar pada materi pokok bangun ruang kelas VIII MTs. Safinatul Huda Tahun Pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran; Picture and Picture; Gambar Bangun Ruang; Matematika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 511 General principles |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 06 Dec 2013 12:43 |
Last Modified: | 05 Jun 2021 03:51 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/651 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year