Pengembangan bisnis melalui model waralaba syari’ah di Laundry Polaris Semarang
Chilyatunnisa’, Chilyatunnisa’ (2016) Pengembangan bisnis melalui model waralaba syari’ah di Laundry Polaris Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (479kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (651kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (367kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (461kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (151kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (226kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (2MB) | Preview
Abstract
Bisnis merupakan salah satu pilar ekonomi dalam kehidupan ini. Berbagai ragam bisnis dapat ditemukan diberbagai penjuru dunia, tentunya dengan berbagai tujuan dan latar belakang yang pendirian yang berbeda-beda. Di Pedurungan Semarang terdapat salah satu bisnis laundry syari’ah untuk menjaga dan mengontrol kebersihan dan kesucian. Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh adanya model waralaba syari’ah yang didirikan jasa binatu dengan berpijak pada model waralaba Islam yang menerapkan strategi yang berkonsep thaharah untuk mengembangkan bisnisnya yang sejalan dengan prinsip-prinsip syari’ah. Berdasarkan perkembangan usaha dari beberapa laundry yang sudah eksis di Semarang salah satunya adalah Polaris laundry, sehingga Polaris laundry menjadi lebih baik dan memiliki daya saing yang tinggi dan terus berkembang.
Berdasarkan rumusan masalah dalam penelitian yaitu “bagaimana model pengembangan bisnis yang dilakukan oleh laundry Polaris?”, maka tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pengembangan bisnis yang dilakukan oleh laundry Polaris dalam mengembangkan bisnisnya.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field search), dengan menggunakan dua jenis data, yaitu data primer dan data sekunder yang didapat dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya data tersebut dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa model waralaba syari’ah sebagai pengembangan bisnis yang diterapkan oleh laundry Polaris secara garis besar sudah sesuai dengan teori waralaba syari’ah dan model yang diterapkan menitik beratkan pada dua masalah pokok yaitu aspek pemanfaatan hak cipta dengan membayar royalty fee dan franchise fee dengan menggunakan akad ijarah dan aspek kemitraan usaha yang digunakan adalah kerjasama (mudaharabah atau musyarakah). Ini dikarenakan usaha yang dijalankan oleh Polaris laundry syari’ah menghasilkan dua pokok sehingga penerapan model waralaba syari’ah sebagai pengembangan bisnis sangatlah efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Ahmad Furqon, Lc., MA.; Choirul Huda, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Bisnis Islam; Waralaba; Waralaba Islami |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1) |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 07 Mar 2017 06:08 |
Last Modified: | 27 Nov 2021 03:04 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6512 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year