Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Kimia dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Reaksi Reduksi – Oksidasi Melalui Lesson Study pada Siswa Kelas X MA Darussa’adah Rowosari Kendal
Mukaromah, Kholifatul (2012) Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Kimia dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Reaksi Reduksi – Oksidasi Melalui Lesson Study pada Siswa Kelas X MA Darussa’adah Rowosari Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
073711013_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (25kB) | Preview
073711013_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (107kB) | Preview
073711013_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (88kB) | Preview
073711013_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (18kB) | Preview
073711013_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (140kB) | Preview
073711013_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (4MB) | Preview
073711013_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (63kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Kimia dengan Pendekatan Kontekstual Materi Reaksi Reduksi-Oksidasi Melalui Lesson Study Pada Siswa Kelas X MA Darussa’adah Rowosari Kendal.
Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan (Action Research) dengan menggunakan model pengembangan sistem pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah lesson study. Penelitian dilakukan dengan menggunakan tahapan-tahapan yang berlaku dalam Lesson Study. Pelaksanaan penelitian berlangsung dalam 2 siklus yang disesuaikan dengan alokasi dan pokok bahasan yang dipilih. Dalam setiap siklus terdiri dari tahapan Plan, Do dan See . Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi : lembar observasi dan evaluasi belajar. Instrumen observasi disusun berdasarkan komponen dasar pembelajaran berbasis lesson study untuk mengetahui keaktifan siswa dan kinerja guru, dan evaluasi digunakan untuk mengetahui hasil belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi dan tes. Data hasil observasi dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui hasil kualitas pembelajaran. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dilakukan dengan cara membandingkan skor individu dengan tes sebelumnya.
Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata kelas naik menjadi 65 dari data awal pra siklus 63,93. Presentase ketuntasan naik menjadi 48, 48% dari 42,42% pada data awal pra siklus. Hasil penelitian siklus II menunjukkan rata-rata kelas naik menjadi 71,03 dengan presentase ketuntasan menjadi 78,57%. Analisis meningkatnya keaktifan belajar siswa diperoleh melalui hasil observasi aktifitas siswa dari kesiapan, keaktifan maupun perilaku selama proses pembelajaran yang hasilnya pada siklus I menunjukkan 71,06% dan siklus II menunjukkan 93.8%. Hasil pengamatan terhadap kinerja guru mengalami peningkatan yaitu dari 70.83% pada siklus I menjadi 91.67% pada siklus II, hal ini karena guru model sudah dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan baik sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang ditetapkan. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan lesson study berbasis sekolah dapat meningkatkan hasil Pembelajaran Kimia Materi Reduksi - Oksidasi kelas X MA Darussa’adah Rowosai Kabupaten Kendal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mata Pelajaran Kimia; Metode Pembelajaran Kimia; Hasil Belajar; Pendekatan Kontekstual |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 06 Dec 2013 12:51 |
Last Modified: | 06 Dec 2013 12:51 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/652 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year