Dampak produk tanpa label halal dalam membuat keputusan pembelian produk kosmetik (studi pada konsumen Swalayan Aneka Jaya Ngaliyan Semarang)
Almasitoh, Eka Aprilia (2016) Dampak produk tanpa label halal dalam membuat keputusan pembelian produk kosmetik (studi pada konsumen Swalayan Aneka Jaya Ngaliyan Semarang). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (694kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (522kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (703kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (235kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (394kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (137kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (327kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (1MB) | Preview
Abstract
Banyaknya produk kosmetik yang terjual bebas dipasaran akhir-akhir ini, ternyata tidak semua mempunyai label halal. Terdapat 1550 produk kecantikan hanya 21 yang disertifikasi halal. Dalam artian sekitar 1,79 % yang sudah disertifikasi halal. Label halal sangat dibutuhkan bagi konsumen muslim yang berada di Negara Indonesia khususnya dan bagi Negara muslim lain yang ada di seluruh dunia. Umat muslim mempunyai kebutuhan khusus sesuai syari’at Islam untuk mengkonsumsi produk yang halal dan thayyib oleh karena itu untuk memudahkan mengkonsumsi produk kosmetik yang halal dan berkualitas dengan mengetahui adanya label halal pada kemasan produk tersebut.
Rumusan masalah penelitian ini adalah mengenai bagaimana dampak produk kosmetik tanpa label halal dalam membuat keputusan pembelian dan faktor-faktor apa yang menjadi pertimbangan dalam pembelian produk kosmetik. Pada penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada konsumen muslim dan lainnya yang berkaitan dengan pembelian produk kosmetik agar berhati-hati dengan produk tanpa adanya label halal pada kemasan.
Informan dalam penelitian ini adalah konsumen Swalayan Aneka Jaya Ngaliyan Semarang sebanyak 40 informan dengan tehnik wawancara kepada informan, dan mengambil sebagian yang dianggap mampu menjabarkan isi dari penelitian ini kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif analisis yang menggambarkan dan menjabarkan secara jelas mengenai objek penelitian sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembelian produk kosmetik masyarakat tidak melihat adanya label halal pada kemasan dan kurang memperhatikan hal itu karena masyarakat menganggap kosmetik tersebut sudah halal meskipun tanpa adanya label halal dan sudah dipasarkan diseluruh manca Negara. Saran yang disampaikan adalah bagi konsumen muslim diharapkan lebih berhati-hati dalam memilih produk kosmetik dan lebih menerapkan label halal sebagai keputusan pembelian disemua produk yang dikonsumsi. Sedangkan bagi pemerintah agar menciptakan produk-produk dalam negeri yang berkualitas terjamin dan halal untuk melindungi konsumen di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Label halal; Keputusan pembelian; Produk kosmetik |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.39 Other Practices (Incl. Halal Food, Syirik, Munafiq) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1) |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 14 Mar 2017 08:39 |
Last Modified: | 20 Nov 2021 02:30 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6534 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year