Efektivitas metode information search terhadap motivasi dan prestasi belajar peserta didik kelas VIII MTs NU 02 Al-Ma’arif Kec. Boja Kab. Kendal mata pelajaran Fikih materi zakat tahun ajaran 2016/2017
Wulandari, Ira (2016) Efektivitas metode information search terhadap motivasi dan prestasi belajar peserta didik kelas VIII MTs NU 02 Al-Ma’arif Kec. Boja Kab. Kendal mata pelajaran Fikih materi zakat tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (402kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (303kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (399kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (392kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (193kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (148kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (4MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan metode information search terhadap peningkatan motivasi dan prestasi belajar peserta didik. Penelitian eksperimen ini dilakukan untuk menyelesaikan masalah pembelajaran di dalam kelas yang masih menggunakan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini memberikan alternatif metode pengajaran scientific approach sesuai dengan Kurikulum 2013 yang telah berlaku di sekolah tempat penelitian.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs. NU 02 Al-Ma’arif yang terdiri dari 6 kelas. Teknik sampling menggunakan random sampling dan diperoleh kelas VIII B sebagai kelas eksperimen serta kelas VIII F sebagai kelas kontrol.
Penelitian ini dilaksankan pada tanggal 20 Oktober s/d 10 November 2016. Penelitian dimulai dengan KBM dikelas kontrol serta kelas eksperimen, masing-masing sebanyak 2x tatap muka atau 2x80 menit. Setelah KBM selesai diajarkan, maka data tentang motivasi peserta didik diperoleh dengan angket, sedangkan data prestasi belajar diperoleh dari nilai ulangan harian (post tes) Teknik analisis untuk menjawab hipotesis adalah t-test (independent sampet test).
Hasil analisis tingkat motivasi dan pencapaian hasil belajar siswa diperoleh thitung prestasi = 10.47, sedangkan t tabel = 1.67. Dikarenakan thitung > ttabel maka dapat disimpulkan metode information search efektif untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dr. H. Abdul Kholiq, M. Ag.; Hj. Lutfiyah, M.S.I. |
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Information Search; Motivasi belajar; Prestasi belajar; Fikih |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 27 Mar 2017 05:58 |
Last Modified: | 27 Mar 2017 05:58 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6619 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year