Efektivitas pendekatan contextual teaching and learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih materi pokok Shalat di MI Islamiyah Simpar Kecamatan Bandar Kabupaten Batang
Itsna, Ratna Nur (2016) Efektivitas pendekatan contextual teaching and learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih materi pokok Shalat di MI Islamiyah Simpar Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (645kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (106kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (398kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (187kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (204kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (142kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (132kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (947kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar fiqih dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning. Pendekatan kontekstual atau yang sering disebut CTL (Contextual Teaching and Learning) merupakan salah satu alternatif dalam proses pembelajaran yang melibatkan peserta didik lebih produktif dalam belajar.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau sering disebut Classroom Action Research. Di mana merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. Dalam prosesnya, peneliti bertindak sebagai pengajar dan seorang kolaborator sebagai observer. Penelitian ini akan dilaksanakan dalam II siklus, dengan setiap siklus memiliki beberapa tahapan yakni, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek pelaku penelitian adalah peneliti dan oan seorang kolaborator sebagai observer sedangkan subjek penerima tindakan adalah seluruh siswa kelas II i MI Islamiyah Simpar Kecamatan Bandar Kabupaten Batang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar fiqih peserta didik kelas II materi pokok shalat berjama’ah di MI Islamiyah Simpar Bandar- Batang. nilai rata-rata dari pra siklus 58,96, kemudian pada siklus I nilai rata- rata 71,22. Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar76,37. Dari hasil evaluasi hasil belajar siswa tersebut mengalami peningkatan yang baik.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar fiqih peserta didik kelas II materi pokok shalat berjama’ah di MI Islamiyah Simpar Bandar- Batang tahun ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: H. Ridwan, M. Ag.; Hj. Nur Asiyah, M.S.I. |
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Contextual Teaching and Learning (CTL); Hasil belajar; Fikih |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 29 Mar 2017 08:28 |
Last Modified: | 29 Mar 2017 08:28 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6635 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year