Efektivitas pendekatan contextual teaching and learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih materi pokok Shalat di MI Islamiyah Simpar Kecamatan Bandar Kabupaten Batang

Itsna, Ratna Nur (2016) Efektivitas pendekatan contextual teaching and learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih materi pokok Shalat di MI Islamiyah Simpar Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (645kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (398kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (947kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar fiqih dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning. Pendekatan kontekstual atau yang sering disebut CTL (Contextual Teaching and Learning) merupakan salah satu alternatif dalam proses pembelajaran yang melibatkan peserta didik lebih produktif dalam belajar.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau sering disebut Classroom Action Research. Di mana merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. Dalam prosesnya, peneliti bertindak sebagai pengajar dan seorang kolaborator sebagai observer. Penelitian ini akan dilaksanakan dalam II siklus, dengan setiap siklus memiliki beberapa tahapan yakni, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek pelaku penelitian adalah peneliti dan oan seorang kolaborator sebagai observer sedangkan subjek penerima tindakan adalah seluruh siswa kelas II i MI Islamiyah Simpar Kecamatan Bandar Kabupaten Batang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar fiqih peserta didik kelas II materi pokok shalat berjama’ah di MI Islamiyah Simpar Bandar- Batang. nilai rata-rata dari pra siklus 58,96, kemudian pada siklus I nilai rata- rata 71,22. Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar76,37. Dari hasil evaluasi hasil belajar siswa tersebut mengalami peningkatan yang baik.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar fiqih peserta didik kelas II materi pokok shalat berjama’ah di MI Islamiyah Simpar Bandar- Batang tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: H. Ridwan, M. Ag.; Hj. Nur Asiyah, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Contextual Teaching and Learning (CTL); Hasil belajar; Fikih
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 29 Mar 2017 08:28
Last Modified: 29 Mar 2017 08:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6635

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics