Penerapan media kartu huruf Hijaiyyah berwarna untuk menarik minat membaca Al-Qur’an pada siswa Kelompok Bermain Islam Terpadu Mutiara Hati Gunungpati Semarang tahun ajaran 2015/2016
Imronah, Imronah (2016) Penerapan media kartu huruf Hijaiyyah berwarna untuk menarik minat membaca Al-Qur’an pada siswa Kelompok Bermain Islam Terpadu Mutiara Hati Gunungpati Semarang tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (587kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (246kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (501kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (315kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (443kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (336kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (144kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (734kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang penerapan media kartu huruf hijaiyyah berwarna untuk meningkatkan kemampuan dasar membaca Al-Qur’an Pada Siswa KBIT Mutiara Hati Gunungpati. Kajiannya dilatarbelakangi pentingnya kemampuan dasar membaca Al-Qur’an pada Anak Usia Dini sebagai modal untuk penguasaan ketrampilan membaca pada tahap-tahap perkembangan selanjutnya. Mengingat dasar agama Islam yang berupa al-Qur’an dan Hadits menggunakan bahasa Arab. Studi ini bermaksud untuk menjawab permasalahan: (1)
Bagaimanakah cara menggunakan media kartu huruf hijaiyyah berwarna untuk menarik minat baca Al Qur’an pada KBIT Mutiara Hati Semarang ? (2) Apakah penggunaan media kartu huruf hjaiyyah berwarna dapat meningkatkan kemampuan dasar membaca Al-Qur’an pada siswa KBIT Mutiara Hati Semarang?
Permasalahan tersebut dibahas melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan melalui dua siklus, dengan setiap siklus tahapannya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu huruf hijaiyyah berwarna yang dilaksanakan dua siklus terbukti dapat meningkatkan kemampuan dasar membaca siswa KBIT Mutiara Hati. Hal tersebut dapat terlihat dari adanya peningkatan pada tiap aspek penelitian. Kemampuan membaca pada pra siklus 30%, meningkat pada siklus I menjadi 62,5% dan meningkat pada siklus II mencapai 88,3%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: H. Mursid, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran; Membaca al-Qur'an |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 06 Apr 2017 07:07 |
Last Modified: | 06 Apr 2017 07:07 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6647 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year