Pengaruh kualitas pelayanan perpustakaan terhadap minat baca mahasiswa UIN Walisongo Semarang (studi di Perpustakaan Fakultas UIN Walisongo Semarang)
Nurfitriana, Wirda (2016) Pengaruh kualitas pelayanan perpustakaan terhadap minat baca mahasiswa UIN Walisongo Semarang (studi di Perpustakaan Fakultas UIN Walisongo Semarang). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (798kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (181kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (332kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (135kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (177kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (3MB) | Preview
Abstract
Perpustakaan sebagai institusi informasi dan ilmu pengetahuan memiliki peluang besar untuk berperan aktif dalam upaya meningkatkan minat baca mahasiswa. Perpustakaan yang berada di UIN Walisongo Semarang dituntut untuk memberikan pelayanan yang berkualitas dengan menyedikan koleksi buku sesuai kebutuhan, memberikan kenyamanan ruang perpustakaan, serta adanya pustakawan yang berkompetensi, bertanggung jawab dan memahami keinginan mahasiswa. Dengan pelayanan yang diberikan oleh perpustakaan diharapkan mampu mengatasi masalah mengenai rendahnya minat baca mahasiswa. Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpustakaan terhadap Minat Baca Mahasiswa UIN Walisongo Semarang (Studi di Perpustakaan Fakultas UIN Walisongo Semarang). Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan perpustakaan terhadap minat baca mahasiswa UIN Walisongo Semarang? Pembahasan tersebut dibahas melalui studi lapangan di perpustakaan fakultas UIN Walisongo Semarang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data statistik. Dalam penelitian ini populasi sebanyak 99 mahasiswa. Instrument angket sebelum digunakan untuk memperoleh data yang obyektif, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Setelah dilakukan uji instrumen kemudian peneliti menyebar angket untuk memperoleh data X dan Y. Selanjutnya hasil dari perhitungan statistik dengan koefisien korelasi dan analisis regresi, dimana terdapat korelasi yang positif antara kualitas pelayanan perpustakaan (X) terhadap minat baca mahasiswa (Y), hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi 0,524 >(0,202) pada taraf signifikansi 5% dan (0,263) pada taraf signifikansi 1% yang berarti signifikan. Sementara itu, uji F sebesar 36,807 > (3,95) pada taraf signifikansi 5% dan(6,93) pada taraf signifikansi 1%, maka dalam hal ini dapat berarti signifikan. Dengan demikian dapat diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan perpustakaan terhadap minat baca mahasiswa UIN Walisongo Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Mustaqim, M. Pd.; Dr. Fahrurrozi, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas pelayanan; Perpustakaan; Minat baca; Mahasiswa |
Subjects: | 000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences > 025 Library operations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam) |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 11 Apr 2017 03:39 |
Last Modified: | 11 Apr 2017 03:39 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6665 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year