Pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru di SD Nasima Semarang tahun pelajaran 2015/2016

Yama, Miss Nisreen (2016) Pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru di SD Nasima Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (676kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (398kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru di SD Nasima Semarang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, penelitian ini dilaksanakan di SD Nasima Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru dengan jumlah 40. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empirik di lapangan apakah ada pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru di SD Nasima Semarang tahun pelajaran 2015/2016.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode angket. Berdasarkan hasil perhitungan uji coba instrument supervisi kepala sekolah diketahui bahwa dari 20 item pernyataan, terdapat 13 item valid, sedangkan yang tidak valid sebanyak 7 item, adapun instrumen angket kinerja guru yang valid 15 item dan yang tidak valid 5. Dalam menganalisis data penelitian menggunakan analisis regresi satu prediktor.
Supervisi kepala sekolah di SD Nasima Semarang mempunyai rata-rata yaitu = 72,5 dan simpangan baku yaitu S = 9,0128 dan termasuk dalam kategori cukup termasuk dalam kategori cukup, yaitu berada pada interval nilai 68 – 77. Dalam uji hipotesis persamaan regresi Ŷ = 52,008 + 0.3705X dan hasil varians garis regresi Fhitung = 25,3352> Ftabel ( 0,05 ; 1, 38) = 4, 10 berarti signifikan dan Fhitung = 25,3352> Ftabel ( 0,01 ; 1, 38) = 7, 35 berarti signifikan.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dari pengajuan hipotesis terbukti bahwa variabel supervisi kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru di SD Nasima Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Nur Uhbiyati, M. Pd.; Dr. H. Ikhrom, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Supervisi kepala sekolah; Kinerja guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 11 Apr 2017 03:44
Last Modified: 11 Apr 2017 03:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6669

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics