Peran guru kelas 1 dalam membentuk karakter siswa di MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang tahun 2015/2016

Uliya, Ayu Rafika (2016) Peran guru kelas 1 dalam membentuk karakter siswa di MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang tahun 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Awalan.pdf]
Preview
Text
Awalan.pdf - Cover Image

Download (381kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (326kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf - Bibliography

Download (94kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Peran Guru Kelas 1 Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Mi Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang Semarang, hal ini di latar belakangi dengan maraknya anak/siswa sekolah yang mulai melakukan perbuatan yang tidak terpuji, kenakalan remaja, absen pada saat jam sekolah, membentuk geng, malas membaca, tidak taat beribadah dan lain sebagainya, maka dari itu perlu adanya peran guru dalam menerapkan strategi pendidikan karakter bagi siswa.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan bagaimana peran guru kelas 1 dalam membentuk karakter siswa di MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang?. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang. MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan potret peran guru dalam menerapkan strategi pendidikan karakter bagi siswa. Datanya diperoleh dengan cara wawancara bebas, observasi, dan studi dokumentasi.
Penelitian ini menunjukkan bahwa: peran guru kelas 1 dalam membentuk karakter siswa di MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang dilaksanakan dengan beberapa strategi diantaranya: strategi pemahaman, pembiasaan, keteladanan, dan mengingatkan yang disesuaikan dengan materi dan kondisi peserta didik. Peran guru dalam menerapkan strategi pendidikan karakter bagi siswa cukup terbilang bagus karena menimbulkan dampak yang positif bagi karakter siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Guru, karakter siswa; Pendidikan dasar; Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 27 Apr 2017 06:30
Last Modified: 08 Dec 2021 10:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6759

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics