Analisis kemampuan komunikasi matematis peserta didik berdasarkan kemampuan berpikir geometris pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Negeri 39 Semarang

Anggraeni, Sylvia Noer (2016) Analisis kemampuan komunikasi matematis peserta didik berdasarkan kemampuan berpikir geometris pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Negeri 39 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (900kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan hal yang penting dimiliki peserta didik saat menyampaikan ide-ide matematisnya kepada orang lain. Namun peserta didik juga sering mengalami kesulitan dalam mengomunikasikan ide-ide matematisnya sehingga berakibat pada kemampuan komunikasi matematis yang kurang berkembang dengan baik. Peserta didik juga sering mengalami kesulitan dalam belajar matematika, khususnya pada materi geometri. Hal ini dikarenakan geometri merupakan materi matematika dengan benda-benda yang dibahas didalamnya bersifat abstrak sehingga peserta didik kesulitan memahami konsep geometri. Berdasarkan masalah tersebut, diharapkan peserta didik dapat meningkatkan kemampuan berpikir geometris dan kemampuan komunikasi matematisnya.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui level berpikir geometris Van Hiele pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII-F SMP Negeri 39 Semarang, dan (2) mengetahui deskripsi kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII-F SMP Negeri 39 Semarang berdasarkan kemampuan berpikir geometris Van Hiele tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah enam peserta didik kelas VIII-F SMP Negeri 39 Semarang. Data diperoleh dari hasil kerja peserta didik dalam mengerjakan tes kemampuan komunikasi matematis dan berpikir geometris Van Hiele pada pokok bahasan kubus dan balok kemudian diverifikasi melalui wawancara. Hasil kerja peserta didik pada tes kemampuan komunikasi matematis dikategorikan dalam tiga kemampuan (tinggi, rendah dan sedang). Sedangkan hasil kerja pada tes kemampuan berpikir geometris Van Hiele dikelompokkaan dalam lima level berpikir geometris menurut Van Hiele (visualisasi, analisis, abstraksi, deduksi dan rigor).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, presentasi peserta didik pada masing-masing kemampuan berpikir geometris Van Hiele adalah 13% pada Level 0 (visualisasi), 29% pada Level 1 (analisis) dan 58% pada Level 2 (abstraksi), sedangkan pada Level 3 (deduksi) ada 0% peserta didik. Sehingga dapat diketahui bahwa mayoritas peserta didik berada pada level 2 (abstraksi) yaitu peserta didik sudah mampu untuk melihat hubungan sifat-sifat pada suatu bangun geometri dan sifat-sifat antara beberapa bangun geometri.
Kedua, bahwa 51,6% peserta didik berada dalam kelompok komunikasi matematis sedang, 32,3% peserta didik berada dalam kelompok rendah dan 16,1% peserta didik berada dalam kelompok tinggi. Peserta didik yang berada pada level 0 dengan kemampuan komunikasi matematis tinggi dan rendah masing-masing ada dua peserta didik. Pada level 1 peserta didik yang mempunyai kemampuan komunikasi matematis tinggi ada satu peserta didik, yang mempunyai kemampuan komunikasi matematis sedang ada sebanyak lima peserta didik dan yang mempunyai kemampuan komunikasi matematis rendah ada tiga peserta didik. Sedangkan pada level 2 peserta didik yang mempunyai kemampuan komunikasi matematis tinggi ada dua peserta didik, yang mempunyai kemampuan komunikasi matematis sedang ada 11 peserta didik dan yang mempunyai kemampuan komunikasi matematis rendah ada lima peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Lulu’ Choirun Nisa, S. Si., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Komunikasi matematis; Berpikir geometris; Pembelajaran matematika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 19 May 2017 08:11
Last Modified: 19 May 2017 08:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6863

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics