Analisis keterampilan memberikan penjelasan sederhana peserta didik kelas XI menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis di MA Al Asror

Istikomah, Farida (2016) Analisis keterampilan memberikan penjelasan sederhana peserta didik kelas XI menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis di MA Al Asror. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (791kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (385kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (870kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (764kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (759kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (329kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (383kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (3MB) | Preview

Abstract

Keterampilan memberikan penjelasan sederhana merupakan salah satu aspek berpikir kritis yang menandakan bahwa peserta didik telah memahami konsep materi yang dipelajari, sehingga peserta didik dapat memberikan penjelasan dengan benar sesuai dengan konsep materi yang telah dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas keterampilan memberikan penjelasan sederhana peserta didik kelas XI menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis di MA Al Asror. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas keterampilan memberikan penjelasan sederhana menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing materi hidrolisis pada peserta didik kelompok kognitif tinggi mencapai kategori baik dengan skor rata-rata sebesar 49,5. Pada peserta didik kelompok kognitif sedang mencapai kategori baik dengan skor rata-rata sebesar 46,56, dan pada peserta didik kelompok kognitif rendah mencapai kategori cukup dengan skor rata-rata sebesar 37,2. Adapun secara keseluruhan kualitas keterampilan memberikan penjelasan sederhana peserta didik kelas XI menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis di MA Al Asror tergolong ke dalam kategori baik dengan perolehan skor rata-rata posttest sebesar 45,71.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: R. Arizal Firmansyah, S. Pd., M. Si.; Hj. Malikhatul Hidayah, ST., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Inkuiri terbimbing; Keterampilan menjelaskan; Pembelajaran fisika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 19 May 2017 08:37
Last Modified: 19 May 2017 08:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6872

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics