Analisis keterampilan memberikan penjelasan sederhana peserta didik kelas XI menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis di MA Al Asror
Istikomah, Farida (2016) Analisis keterampilan memberikan penjelasan sederhana peserta didik kelas XI menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis di MA Al Asror. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (791kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (385kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (870kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (764kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (759kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (329kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (383kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (3MB) | Preview
Abstract
Keterampilan memberikan penjelasan sederhana merupakan salah satu aspek berpikir kritis yang menandakan bahwa peserta didik telah memahami konsep materi yang dipelajari, sehingga peserta didik dapat memberikan penjelasan dengan benar sesuai dengan konsep materi yang telah dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas keterampilan memberikan penjelasan sederhana peserta didik kelas XI menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis di MA Al Asror. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas keterampilan memberikan penjelasan sederhana menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing materi hidrolisis pada peserta didik kelompok kognitif tinggi mencapai kategori baik dengan skor rata-rata sebesar 49,5. Pada peserta didik kelompok kognitif sedang mencapai kategori baik dengan skor rata-rata sebesar 46,56, dan pada peserta didik kelompok kognitif rendah mencapai kategori cukup dengan skor rata-rata sebesar 37,2. Adapun secara keseluruhan kualitas keterampilan memberikan penjelasan sederhana peserta didik kelas XI menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis di MA Al Asror tergolong ke dalam kategori baik dengan perolehan skor rata-rata posttest sebesar 45,71.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: R. Arizal Firmansyah, S. Pd., M. Si.; Hj. Malikhatul Hidayah, ST., M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Inkuiri terbimbing; Keterampilan menjelaskan; Pembelajaran fisika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 19 May 2017 08:37 |
Last Modified: | 19 May 2017 08:37 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6872 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year