Hubungan keterampilan proses sains dengan penguasaan konsep peserta didik kelas XI MAN 1 Pati pada materi asam basa dan larutan penyangga

Mahmudah, Umi Sa’idatul (2016) Hubungan keterampilan proses sains dengan penguasaan konsep peserta didik kelas XI MAN 1 Pati pada materi asam basa dan larutan penyangga. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (736kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (491kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (504kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (553kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (782kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (412kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran di sekolah seharusnya tidak hanya terpusat pada aspek kognitif melainkan juga aspek-aspek lain seperti aspek afektif dan psikomotorik. Salah satu contoh pembelajaran aspek psikomotorik adalah praktikum. Hubungan keterampilan proses sains dengan penguasaan konsep penting diteliti karena dapat mengetahui peningkatan penguasaan konsep peserta didik setelah dilakukan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan antara keterampilan proses sains dengan kemampuan penguasaan konsep peserta didik kelas XI MAN 1 PATI pada praktikum asam basa dan larutan penyangga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan bentuk desain ex-postfacto. Teknik pengambilan data menggunakan teknik observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara keterampilan proses sains dengan penguasaan konsep ditunjukkan oleh rhitung 0,516 lebih besar dari rtabel 0,349 dengan taraf signifikan 5% menurut korelasi product moment untuk subjek sebanyak 32 peserta didik. Penafsiran yang sedang pada hubungan tersebut didapatkan dari hasil koefisien korelasi sebesar 0,516. Hal tersebut menunjukkan bahwa hubungan antara ketrampilan proses sains dengan kemampuan penguasaan konsep peserta didik sedang karena memperoleh skor sebesar 0,516. Sedangkan jumlah sumbangsih keterampilan proses sains sebesar 26%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: R. Arizal Firmansyah, M. Si.; Ratih Rizqi Nirwana, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Keterampilan sains; Penguasaan konsep; Asam-basa; Pembelajaran kimia
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 546 Inorganic chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 22 May 2017 07:22
Last Modified: 22 May 2017 07:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6875

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics