Analisis kemampuan memberikan penjelasan lebih lanjut peserta didik kelas XI menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis di MA Al Asror
Nadipah, Nadipah (2016) Analisis kemampuan memberikan penjelasan lebih lanjut peserta didik kelas XI menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis di MA Al Asror. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (944kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (424kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (896kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (946kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (481kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (588kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (4MB) | Preview
Abstract
Kemampuan memberikan penjelasan lebih lanjut merupakan salah satu indikator berpikir kritis yang mengindikasikan bahwa peserta didik telah memahami materi yang telah dipelajari sehingga peserta didik dapat menjelaskan lebih lanjut konsep yang telah dipahaminya tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas KEMAMPUAN memberikan penjelasan lebih lanjut peserta didik kelas XI menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis di MA Al Asror. Studi penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI IPA-2. Adapun hasil analisis data menunjukkan bahwa secara keseluruhan Kemampuan memberikan penjelasan lebih lanjut menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing termasuk ke dalam kategori cukup dengan persen skor rata-rata sebesar 63,75%. Dengan rincian yaitu, kemampuan memberikan penjelasan lebih lanjut dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada peserta didik kelompok kognitif tinggi termasuk ke dalam kategori baik dengan persen skor rata-rata 82,3%. Pada peserta didik kelompok kognitif sedang termasuk ke dalam kategori cukup dengan persen skor rata-rata 67%. Sedangkan pada peserta didik kelompok kognitif rendah termasuk ke dalam kategori kurang dengan persen skor rata-rata 51,3%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: R. Arizal Firmansyah, S. Pd., M. Si.; Hj. Malikhatul Hidayah, ST., M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Inkuiri terbimbing; Kemampuan menjelaskan; Pembelajaran kimia |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 22 May 2017 08:25 |
Last Modified: | 22 May 2017 08:25 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6878 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year