Pengaruh Jenjang Pendidikan Guru TPQ terhadap Keterampilan Mengajar pada TPQ Hidayatul Mubtadi’in Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal
Isnaeni, Nur (2012) Pengaruh Jenjang Pendidikan Guru TPQ terhadap Keterampilan Mengajar pada TPQ Hidayatul Mubtadi’in Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.
083111105_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (441kB) | Preview
083111105_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (53kB) | Preview
083111105_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (182kB) | Preview
083111105_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (66kB) | Preview
083111105_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (127kB) | Preview
083111105_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (10kB) | Preview
083111105_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (14kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas mengenai pengaruh jenjang pendidikan guru TPQ terhadap keterampilan mengajar pada TPQ Hidayatul Mubtadi’in Kaliwungu Selatan kabupaten Kendal. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya keterampilan mengajar yang harus dimiliki oleh guru TPQ dalam mengajarkan baca-tulis Al-Qur’an kepada anak didik. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Seberapa tinggi jenjang pendidikan guru TPQ Hidayatul Mubtadi’in Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal, 2) Seberapa tinggi tingkat keterampilan mengajar guru pada TPQ Hidayatul Mubtadi’in Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal, 3) Adakah pengaruh jenjang pendidikan guru TPQ terhadap keterampilan mengajar pada TPQ Hidayatul Mubtadi’in Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal.
Tujuan yang menjadi kajian peneliti, yaitu: 1) Untuk mengetahui seberapa tinggi jenjang pendidikan guru TPQ Hidayatul Mubtadi’in Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal, 2) Untuk mengetahui tingkat keterampilan mengajar guru pada TPQ Hidayatul Mubtadi’in Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal, 3) Untuk mengetahui adakah pengaruh jenjang pendidikan guru TPQ terhadap keterampilan mengajar pada TPQ Hidayatul Mubtadi’in Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal.
Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan jumlah responden 20 orang. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi satu prediktor. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa:
Jenjang pendidikan guru TPQ pada TPQ Hidayatul Mubtadi’in termasuk dalam kategori sedang. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata (Mean) data tentang jenjang pendidikan guru TPQ sebesar 13. Nilai Mean tersebut termasuk dalam kategori sedang karena berada pada interval 11-13. Sedangkan Keterampilan mengajar guru pada TPQ Hidayatul Mubtadi’in termasuk dalam kategori baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata (Mean) data tentang keterampilan mengajar sebesar 42,1. Nilai Mean tersebut dalam kategori baik karena berada pada interval 41-49.
Jenjang pendidikan guru TPQ mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan mengajar. Hal ini terbukti dari hasil nilai koefisien korelasi diketahui bahwa rxy = 0,6411 > rt(0,05) = 0,4438 berarti signifikan. Dengan demikian ada hubungan positif antara jenjang pendidikan guru TPQ terhadap keterampilan mengajar. Sedangkan dalam uji Freg diketahui nilainya sebesar 12,563, kemudian hasil yang diperoleh dikonsultasikan dengan tabel Ft 0,05(1;20) = 4,35. Dengan demikian, freg = 12,563 > Ft 0.05 (1;20) = 4,35, berarti signifikan dan hipotesis yang menyatakan ada pengaruh jenjang pendidikan guru TPQ terhadap keterampilan mengajar pada TPQ Hidayatul Mubtadi’in Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal adalah diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jenjang Pendidikan Guru; Keterampilan Mengajar; Taman Pendidikan Al-qur'an |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 09 Dec 2013 06:25 |
Last Modified: | 26 Jun 2021 07:38 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/692 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year