Analisis kreativitas guru dalam mengembangkan keterampilan berfikir kreatif siswa kelas V pada pembelajaran Bahasa Indonesia di MI Raudlatul Mubtadiin Kaliaman Kembang Jepara tahun 2016

Rohmah, Nailur (2016) Analisis kreativitas guru dalam mengembangkan keterampilan berfikir kreatif siswa kelas V pada pembelajaran Bahasa Indonesia di MI Raudlatul Mubtadiin Kaliaman Kembang Jepara tahun 2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 123911073_Coverdll.pdf]
Preview
Text
123911073_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (601kB) | Preview
[thumbnail of 123911073_BAB I.pdf]
Preview
Text
123911073_BAB I.pdf - Accepted Version

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of 123911073_BAB II.pdf]
Preview
Text
123911073_BAB II.pdf - Accepted Version

Download (557kB) | Preview
[thumbnail of 123911073_BAB III.pdf]
Preview
Text
123911073_BAB III.pdf - Accepted Version

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of 123911073_BAB IV.pdf]
Preview
Text
123911073_BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (349kB) | Preview
[thumbnail of 123911073_BAB V.pdf]
Preview
Text
123911073_BAB V.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 123911073_DAFTAR PUSTAKA BARU.pdf]
Preview
Text
123911073_DAFTAR PUSTAKA BARU.pdf - Bibliography

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 123911073_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
123911073_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kreativitas guru dalam mengembangkan keterampilan berfikir kreatif siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesi di kelas V di MI Raudlatul Mubtadiin Kaliaman Kembang Jepara. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V di MI Raudlatul Mubtadiin Kaliaman Kembang Jepara? (2) Bagaiman kreativitas guru dalam mengembangkan keterampilan berfikir kreatif siswa kelas V pada pembelajaran Bahasa Indonesia di MI Raudlatul Mubtadiin Kaliaman Kembang Jepara? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi untuk menjelaskan fenomena atau situasi tertentu guna mengumpulkan data yang relevan untuk dikaji dalam penelitian ini. Data tersebut kemudian diolah dan dianalisis. Dalam menganalisis, penulis menggunakan angka untuk mengetahui sejauh mana ktreativitas yang dimiliki guru dan siswa. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah pertama, proses kegiatan belajar mengajar berjalan dengan baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku yang mencakup tiga tahapan yaitu, pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Krativitas guru Bahasa Indonesia sudah cukup baik, hanya saja referensi yang digunakan hanya sebatas buku serba-serbi bahasa Indonesia saja. Media yang digunakan juga masih sangat minim, yaitu hanya menggunakan buku pegangan guru saja, serta metode pembelajaran yang digunakan masih sangat umum, tetapi sesuai denga materi yang dipelajari. Kedua, siswa sudah mampu membuat karya tulis dengan baik dengan bahasa dan paragraf yang masih sederhana. Siswa sudah mampu membuat kesimpulan cerita, membuat kalimat sapaan, membuat laporan hasil pengamatan atau kunjungan dan membuat pertanyaan yang berhubungan dengan cerita yang telah dipaparkan. Kondisi kelas tidak kondusif tetapi para siswa tetap aktif dan tanggap terhadap materi yang diajarkan oleh guru. Rata-rata siswa sudah mampu mengaplikasikan materi yang diajarkan dalam suatu karangan sederhana. Dalam proses belajar mengajar, kreativitas guru sangatlah penting. Guru harus kreatif dalam memilih dan memadukan metode ataupun media pembelajaran. Pemilihan metode dan media harus sesuai dengan materi dan karakteristik dari peserta didiknya, dengan begitu peserta didik akan mudah dalam memahami materi. Karena tujuan dari pembelajaran dapat dikatakan berhasil, apabila siswa mampu memahami dan menerapkan materi dengan secara baik dan benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kreativitas guru; Pembelajaran Bahasa Indonesia; Ketrampilan berfikir kreatif
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 02 Jun 2017 04:32
Last Modified: 04 Dec 2021 02:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6925

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics