Problematika kompetensi pedagogik guru kelas IV mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial beserta solusinya di MI Al khoiriyah 1 Semarang

Saputra, Ryan (2016) Problematika kompetensi pedagogik guru kelas IV mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial beserta solusinya di MI Al khoiriyah 1 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (545kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf - Accepted Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2.pdf]
Preview
Text
BAB 2.pdf - Accepted Version

Download (431kB) | Preview
[thumbnail of BAB 3.pdf]
Preview
Text
BAB 3.pdf - Accepted Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of BAB 4.pdf]
Preview
Text
BAB 4.pdf - Accepted Version

Download (303kB) | Preview
[thumbnail of BAB 5.pdf]
Preview
Text
BAB 5.pdf - Accepted Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (182kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Problematika kompetensi pedagogik guru kelas IV mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial beserta solusinya di MI Al khoiriyah 1 Semarang.
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian kualitatif. Yang dilaksanakan pada guru kelas IV di MI Al khoiriyah 1 Semarang. Madrasah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan data tentang problematika kompetensi pedagogik guru kelas IV. Data diperoleh dengan wawancara terstruktur, observasi partisipatif pasif dan dokumentasi dalam. Ada 3 guru kelas IV sebagai subjek atau narasumber dari penelitian ini. Dengan triangulasi sebagai teknik keabsahan data.
Problematika yang sering dihadapi oleh guru kelas IV di MI AL-KHOIRIYAH 1 SEMARANG adalah tentang media dan pengondisian kelas. Media pembelajaran sudah cukup lengkap, namun ada beberapa media yang kurang. Contoh : peta dan photo dari pahlawan Indonesia. Pemberian tugas kepada siswa untuk mencari sendiri materi yang akan diberikan akan membantu guru menghemat penggunaan media terutama media yang belum ada. Pengondisian kelas juga sering dikeluhkan para guru kelas IV terutama pada minat anak untuk mengikuti pembelajaran. Pendekatan secara emosional perlu ditingkatkan oleh guru terhadap siswa, sehingga siswa akan mengikuti pembelajaran yang di arahkan oleh guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : Nur Hasan
Uncontrolled Keywords: Kompetensi pedagogik; Guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 05 Jun 2017 02:46
Last Modified: 04 Dec 2021 03:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6937

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics