Problematika pembelajaran bahasa arab siswa kelas 4D di sekolah dasar Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang tahun ajaran 2015/2016
Azmatussulkha, Fauzia (2016) Problematika pembelajaran bahasa arab siswa kelas 4D di sekolah dasar Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
123911121_Cover.pdf - Accepted Version
Download (663kB) | Preview
123911121_BAB 1.pdf - Accepted Version
Download (198kB) | Preview
123911121_BAB 2.pdf - Accepted Version
Download (352kB) | Preview
123911121_BAB 3.pdf - Accepted Version
Download (123kB) | Preview
123911121_BAB 4.pdf - Accepted Version
Download (229kB) | Preview
123911121_BAB 5.pdf - Accepted Version
Download (90kB) | Preview
123911121_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (143kB) | Preview
123911121_Lampiran.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas problematika pembelajaran bahasa Arab kelas 4D di Sekolah Dasar Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang. Kajiannya dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada matapelajaran bahasa Arab. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Apa saja problem pembelajaran bahasa Arab yang dihadapi siswa kelas 4D di Sekolah Dasar Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang? (2) Bagaimana solusi dari problem yang dialami siswa kelas 4D dalam pembelajaran bahasa Arab di Sekolah Dasar Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang?
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan ada empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) problem pembelajaran bahasa Arab yang dihadapi oleh siswa kelas 4D di SD Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang antara lain : a. rendahnya hasil belajar siswa yang berada dibawah KKM yaitu 66, b. rendahnya minat belajar siswa terhahap matapelajaran bahasa Arab, c. anggapan siswa bahwa bahasa Arab itu sulit, d. kurangnya persiapan siswa sebelum pembelajaran (2) Solusi yang diberikan guru bahasa Arab untuk mengatasi problem yang dialami siswa kelas 4D yaitu, a. memberikan tugas tambahan untuk dikerjakan dirumah bagi siswa yang kurang, b. memberikan jam tambahan untuk mempelajari lebih dalam bahasa Arab pada saat setelah jam pulang sekolah atau pada waktu hari sabtu.
Selanjutnya penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan dan khazanah ilmu pengetahuan dan bahan informasi serta masukan bagi praktisi pendidikan dan civitas akademika di Lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran bahasa Arab |
Subjects: | 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Arman Khairon |
Date Deposited: | 05 Jun 2017 02:59 |
Last Modified: | 12 Jun 2021 05:24 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6950 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year