Metode Pembelajaran Ilmu Nahwu di Pondok Pesantren Al Itqon al Islami al Salafi Patebon Kendal (Studi Analisis Tentang Metode)

Nadhif, M. Fahrun (2012) Metode Pembelajaran Ilmu Nahwu di Pondok Pesantren Al Itqon al Islami al Salafi Patebon Kendal (Studi Analisis Tentang Metode). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 083211023_Coverdll.pdf]
Preview
Text
083211023_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (650kB) | Preview
[thumbnail of 083211023_Bab1.pdf]
Preview
Text
083211023_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 083211023_Bab2.pdf]
Preview
Text
083211023_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 083211023_Bab3.pdf]
Preview
Text
083211023_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 083211023_Bab4.pdf]
Preview
Text
083211023_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of 083211023_Bab5.pdf]
Preview
Text
083211023_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 083211023_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
083211023_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (56kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang metode pembelajaran ilmu nahwu di Pondok Pesantren Al itqon Patebon Kendal. Studi ini berusaha menjawab pertanyaan “ apa metode pembelajaran ilmu nahwu di Pondok Pesantren Al itqon Patebon Kendal”. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui metode yang digunakan dalam pembelajaran ilmu nahwu di Pondok Pesantren Al itqon Patebon Kendal serta kesesuaian metode tersebut menurut para ahli.
Untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan, maka peneliti melaksanakan studi lapangan di Pondok Pesantren Al itqon Patebon Kendal. Disamping itu, peneliti mengumpulkan data-data dengan metode observasi dan wawancara serta dokumentasi. Sedangkan dalam analisis datanya, peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif.
Studi ini menghasilkan kesimpulan bahwa metode pembelajaran ilmu nahwu di Pondok Pesantren Al itqon Kebonharjo Patebon Kendal adalah metode qiyasiyah. Selain itu, disana juga ada dua latihan yang menggunakan metode istiqroiyah. Adapan metode yang digunakan dalam pondok tersebut sesuai pada tingkat aliyah, tidak apada tingkat Tsanawiyah.
Dari data-data tersebut, peneliti berharap skripsi ini dapat menjadi salah satu referensi, informasi, serta kritik-kritik bagi mahasiswa dan siapa saja yang membutuhkannya di Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Ilmu Nahwu; Pondok Pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 09 Dec 2013 06:31
Last Modified: 24 Mar 2014 08:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/699

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics