Upaya peningkatan menghafal surat-surat pendek dengan metode drill pada siswa kelas I semester II MI Darussalam Sayung Demak tahun pelajaran 2014/2015
Asiqin, Asiqin (2016) Upaya peningkatan menghafal surat-surat pendek dengan metode drill pada siswa kelas I semester II MI Darussalam Sayung Demak tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Halaman depan.pdf - Accepted Version
Download (815kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (93kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (108kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (97kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (75kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (39kB) | Preview
Daftar pustaka.pdf - Bibliography
Download (34kB) | Preview
Lampiran.pdf - Additional Metadata
Download (1MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas Upaya Peningkatan Menghafal Surat-surat Pendek Dengan Metode Drill Pada Siswa Kelas I Semester II MI Darussalam Sayung Demak Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II. Penerapan Metode drill terbukti dapat meningkatkan hafalan surat-surat pendek pada siswa kelas I semester II MI Darussalam Sayung Demak tahun pelajaran 2014/2015. Hal itu dibuktikan dari hasil nilai Prestasi Belajar Siswa Kelas I MI Darussalam Sayung Demak pada materi menghafal surat-surat pendek sebelum menerapkan metode drill sangat minim. Hal itu dibuktikan dari hasil nilai sebelum metode drill diterapkan pra siklus siswa yang mencapai tuntas 2 orang atau 6,9 % dan yang belum tuntas 27 siswa atau 93,1 %, kemudian pada siklus I siswa yang mencapai tuntas ada 9 siswa atau 31,03 % dan yang belum tuntas ada 20 siswa atau 68,9 %. Hasil Prestasi Belajar Siswa Kelas II MI Darussalam Sayung Demak pada materi menghafal surat-surat pendek sesudah menerapkan metode drill meningkat dengan signifikan. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai setelah metode drill diterapkan pada siklus II siswa yang mencapai tuntas 29 orang atau 100 %. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dengan penggunaan metode drill terbukti dapat meningkatkan hafal surat-surat pendek siswa kelas I di MI Darussalam Sayung Demak Tahun pelajaran 2014/2015. Dengan demikian hipotesa sementara dari peneliti bahwa melalui metode drill dapat meningkatkan hafalan surat-surat pendek siswa kelas I MI Darussalam Sayung Demak Tahun 2014/2015, terbukti/diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menghafal al-qur'an; Metode drill; Metode pembelajaran |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Arman Khairon |
Date Deposited: | 16 Jun 2017 05:51 |
Last Modified: | 12 Jun 2021 05:10 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7003 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year