Penggunaan media big book dan kartu kata untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan materi peristiwa alam IPA siswa kelas 1 MI NU Al Ma’arif Blimbingrejo Nalumsari Jepara tahun pelajaran 2015/2016
Khotimah, Khusnul (2016) Penggunaan media big book dan kartu kata untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan materi peristiwa alam IPA siswa kelas 1 MI NU Al Ma’arif Blimbingrejo Nalumsari Jepara tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Halaman depan.pdf - Accepted Version
Download (819kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (253kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (634kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (273kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (572kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (179kB) | Preview
Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (235kB) | Preview
Lampiran.pdf - Additional Metadata
Download (1MB) | Preview
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil membaca IPA materi energi dan benda langit pada siswa kelas I MI NU Al Ma’arif Blimbingrejo. Berdasarkan hasil pengamatan yang peneliti lakukan pada pembelajaran sebelum diadakan penelitian, guru hanya menggunakan model pembelajaran ceramah, guru masih sangat dominan dalam proses belajar mengajar dan tidak menggunakan media ataupun alat peraga dalam menyampaikan materi. Hal ini yang menjadikan peserta didik pasif dalam belajar. Cara yang dapat ditempuh untuk menyelesaikan masalah tersebut yakni dengan pembelajaran dengan media Big Book dan Kartu Kata dalam materi peristiwa alam. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: bagaimana meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui media big book dan kartu kata pada siswa kelas 1MI NU Al Ma;arif Blimbingrejo Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016?
Penelitian yang dilakukan berupa penelitian tindakan kelas (Classroom action research). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik analisis data penelitian ini diolah dengan analisis deskriptif untuk menggambarkan keadaan peningkatan indikator keberhasilan tiap siklus dan untuk menggambarkan kemampuan membaca menggunakan media pembelajaran big book dan kartu kata.
Ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran pada semester
vi
ganjil adalah 53%. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa 69% dan pada siklus II ketuntasan belajar siswa menjadi 88%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penggunaan media Big Book dan Kartu Kata dapat meningkatkan kemampuan membaca IPA materi peristiwa alam di kelas I MI NU Al Ma’arif Blimbingrejo Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran; Big book; Kartu kata; Kemampuan membaca; Sains pada pendidikan dasar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Arman Khairon |
Date Deposited: | 16 Jun 2017 06:03 |
Last Modified: | 26 Jun 2021 04:06 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7006 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year