Upaya meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana melalui metode picture and picture pada siswa kelas III MI Islamiyah Sukorejo Limpung Batang tahun pelajaran 2016/2017
Yulekhoh, Yulekhoh (2016) Upaya meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana melalui metode picture and picture pada siswa kelas III MI Islamiyah Sukorejo Limpung Batang tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Halaman Depan.pdf - Accepted Version
Download (743kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (122kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (123kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (189kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (523kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (18kB) | Preview
BIBLIOGRAFI.pdf - Bibliography
Download (14kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Additional Metadata
Download (290kB) | Preview
Abstract
Latar belankang penelitian ini adalah rendahnya hasil menulis Bahasa Indonesia materi karangan sederhana. Berdasarkan hasil pengamatan yang peneliti lakukan selama ini dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di MI Islamiyah Sukorejo menggunakan metode ceramah, guru masih dominan dalam proses belajar mengajar dan tidak menggunakan media atau pun alat peraga dalam menyampaikan materi. hal ini menjadiak peserta didik pasif dalam belajar. cara yang dapat ditempuh untuk menyelesaikan masalah tersebut yakni dengan menggunakan metode Picture and picture dalam materi karangan sederhana. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana cara meningkatkan keterampilan dan keaktifan siswa dalam pembelajaran menulis karangan sederhana pada siswa kelas III semester I MI Islamiyah Sukorejo Kecamatan Limpung Kabupaten Batang Tahun Pelajran 2016/2017.
Penelitian yang dilakukan berupa Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yang meliputi : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik analisis data penelitian ini diolah dengan analisis deskriptif untuk menggambarkan keadaan peningkatan indikatir tiap siklus dan untuk menggambarkan kemampuan menulis menggunakan metode picture and picture.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan metode picture and picture pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III MI Islamiyah Sukorejo ini dapat meningkatkan hasil belajar pada pra siklus52% pada siklus I 63% dan pada siklus II 89,5% dan keaktifan dalam pembelajaran pada siklus I 53% dan di siklus II 86%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ketrampilan menulis; Karangan sederhana; Metode pembelajaran; Picture and picture |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Arman Khairon |
Date Deposited: | 16 Jun 2017 06:09 |
Last Modified: | 09 Dec 2021 09:47 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7011 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year