Strategi pemasaran pembiayaan mudharabah terhadap UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di KSPPS BMT Al-Hikmah Ungaran

Azizah, Kholifatul (2017) Strategi pemasaran pembiayaan mudharabah terhadap UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di KSPPS BMT Al-Hikmah Ungaran. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (864kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (368kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (1MB) | Preview

Abstract

KSPPS BMT Al-Hikmah Ungaran merupakan salah satu Lembaga Keuangan Syariah yang berdiri berdasarkan prinsip syariah Islam dan bergerak dalam upaya memberdayakan umat. Salah satu produk KSPPS BMT Al-Hikmah Ungaran adalah pembiayaan bagi usaha sector mikro, kecil, dan menengah, terutama disektor perdagangan, industri, dan jasa. Dintara beberapa sektor tersebut, yang paling banyak peminatnya yaitu sector perdagangan, sehingga akad yang dipakai adalah akad Mudharabah. Sebagai salah satu alternatif lembaga keuangan mikro, KSPPS SMT Al-hikmah Ungaran mampu melayani usaha kecil yang ingin memulai bisnis dan tidak mempunyai modal.
Seperti Lembaga Keuangan Syariah yang lain, KSPPS BMT Al-Hikmah Ungaran dalam menjalankan operasionalnya, terdapat strategi pemasaran dalam memasarkan produknya. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian lapangan. Data-data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder yang diperoleh dengan pengumpulan data yaitu observasi, interview, dan dokumentasi agar memperoleh data-data yang relevan.
Hasil penelitian ini adalah strategi yang digunakan oleh KSPPS BMT Al-Hikmah Ungaran dengan cara menyebar brosur, spanduk, mulut ke mulut, dan web KSPPS BMT Al-Hikmah Ungaran. Selain itu, marketing dari KSPPS BMT Al-Hikmah Ungaran juga menggunakan strategi jemput bola sehingga hal tersebut akan memudahkan nasabah dalam transaksinya. KSPPS BMT Al-Hikmah Ungaran juga mengalami kendala, antara lain yaitu bagi hasil lebih tinggi dibandingkan dengan Bank Konvensional, proses transaksi yang lama, kredit macet, dan kurangnya pengetahuan masyarakat tentang BMT.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing: Johan Arifin, S. Ag., MM.
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Pembiayaan UMKM; Mudharabah
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 29 Aug 2017 02:35
Last Modified: 04 Jun 2021 13:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7199

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics