Efektifitas Penggunaan Program Media Macro Flash terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab untuk Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Semarang
Fahmi, Ali Muzakki (2012) Efektifitas Penggunaan Program Media Macro Flash terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab untuk Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
073211037_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (920kB) | Preview
073211037_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (90kB) | Preview
073211037_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
073211037_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (89kB) | Preview
073211037_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (201kB) | Preview
073211037_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (58kB) | Preview
073211037_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (37kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian adalah 1). untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mapel bahasa arab yang menggunakan Program Media Macro Flash di SMP Muhammadiyah 4 Semarang, 2). Untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mapel bahasa arab yang tidak menggunakan Program Media Macro Flash di SMP Muhammadiyah 4 Semarang, 3). mengetahui efektifitas Penggunaan Program Media Macro Flash terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab untuk Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Semarang.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 7 SMP Muhammadiyah 4 Semarang 2011/2012 berjumlah 132 yang terbagi menjadi 4 kelas. Kelas 7A sebagai kelas eksperimen, yaitu pembelajaran bahasa arab yang menggunakan Media Macro Flash, dan kelas 7B sebagai kelas control yaitu pembelajaran bahasa arab yang tidak menggunakan Media Macro Flash.
Pengambilan sampel dilakukan dengan Claster random Sampling, Adapun metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode observasi, dokumentasi dan angket.. Kemudian untuk menganalisis data digunakan rumus t-test.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar bahasa arab untuk Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Semarang yang menggunakan Program Media Macro Flash lebih efektif daripada yang tidak menggunakannya. Hal ini diperoleh dari hasil uji t-test yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 5,911 > 2,00 maka Ha diterima. Rata-rata untuk kelas eksperimen adalah 84,33 dan rata-rata untuk kelas control adalah 74,06.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran; Belajar Bahasa Arab |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 09 Dec 2013 06:53 |
Last Modified: | 24 Mar 2014 08:15 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/721 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year