Strategi pengembangan skill pegawai dalam meningkatkan kualitas pelayanan di KSPPS BMT Al-Hikmah Ungaran Cabang Mijen
Rohmah, Ajmila Nuriyah (2017) Strategi pengembangan skill pegawai dalam meningkatkan kualitas pelayanan di KSPPS BMT Al-Hikmah Ungaran Cabang Mijen. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (385kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (200kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (355kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (225kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (196kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (158kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (10kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (293kB) | Preview
Abstract
KSPPS BMT Al-Hikmah Ungaran cabang Mijen merupakan suatu lembaga keuangan non bank yang berbentuk koperasi syariah dalam melakukan kegiatannya meliputi penghimpunan dana dari masyarakat dan penyaluran dana antara pihak BMT dengan Anggota. KSPPS BMT Al-Hikmah memiliki produk penyaluran dana antara lain produk sirela, simpel, sihaji atau umroh, sisuqur, sisuka, dan siwadiah. Sedangkan produk penghimpunan dana antara lain multi barang, multi jasa, dan mitra usaha. Adapun jasa layanan lainnya yang dimiliki oleh KSPPS BMT Al-Hikmah antara lain sebagai tempat untuk penyaluran zakat, infaq, dan shodaqoh. Dalam melakukan kegiatannya tersebut diperlukan tenaga ahli atau tenaga pembantu atau bisa disebut juga dengan pegawai untuk menjalankan pekerjaannya, yang bertujuan untuk melayani dengan sepenuh hati kepada para anggota, agar dapat mengembangkan tujuan BMT.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan (skill) pegawai yang dimiliki oleh KSPPS BMT Al-Hikmah Ungaran cabang Mijen, dalam meningkatkan kualitas pelayanannya kepada para anggota. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang dilakukan di KSPPS BMT Al-Hikmah. Data-data yang diperoleh dengan cara wawancara dan dokumentasi. Serta metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif.
Hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat menunjukan hasil bahwa seorang pegawai yang bekerja di KSPPS BMT Al-Hikmah mempunyai keterampilan yang harus dimilikinya dalam meningkatkan kualitas pelayanan yaitu keterampilan komunikasi, keterampilan pemasaran, dan keterampilan excelent service. Disamping itu, seorang pegawai juga harus mempunyai sikp dan sifat yang unggul atau berbeda dari pegawai lainnya. Sedangkan dalam strategi dalam mengembangkan pegawai sendiri yaitu startegi dalam mengikuti kegiatan lembaga baik dari pusat atau dari lembaga-lembaga lainnya, antara lain kegiatan pelatihan, pendidikan, dan pengembangan pegawai. Tujuannya yaitu untuk melatih sikap mental dari pegawai saat berinterkasi langsung dengan para anggota, untuk mendapatkan ilmu pengetahuan umum dan wawasan dari luar kantor. Sehingga KSPPS BMT Al-Hikmah, mempunyai para pegawai yang memiliki kinerja yang sangat profesional.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Heny Yuningrum, SE., M. Si. |
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan karyawan; Kualitas layanan |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.3 Personnel management (Manajemen personalia, SDM) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3) |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 08 Sep 2017 06:19 |
Last Modified: | 05 Jun 2021 05:18 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7246 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year