Strategi KSPPS BMT El Amanah Kendal dalam menjaga loyalitas anggota pada produk simpanan
Arti, Suci Wahyuni (2017) Strategi KSPPS BMT El Amanah Kendal dalam menjaga loyalitas anggota pada produk simpanan. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (427kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (262kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (364kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (241kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (94kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (155kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (214kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (360kB) | Preview
Abstract
Dengan semakin banyaknya Lembaga Keuangan Syariah baik bank maupun non bank terutama pada lembaga keuangan mikro seperti BMT. Dari pertumbuhan yang semakin baik maka harus diimbangi dengan sistem pelayanan yang baik pula. Dengan mengoptimalkan pelayanan dari setiap produk-produknya, dan menuntut kinerja karyawan yang baik. Dengan begitu KSPPS BMT El Amanah mampu menarik kepercayaan dari para anggotanya. Dan dari kepercayaan itulah akan muncul loyalitas dari anggota untuk bertransaksi dengan lembaga keuangan tersebut. Banyak BMT yang tidak bisa mempertahankan eksistensinya lantaran karena kurangnya profesional kerja pada karyawan sehingga pelayanan yang diterima anggota kurang memuaskan sehingga banyak anggota yang beralih ke lembaga keuangan lain. Untuk menghasilkan loyalitas anggota, KSPPS BMT El Amanah menciptakan budaya kerja yang baik kepada para karyawannya. Penilaian anggota atas kualitas pelayanan yang baik akan menciptakan kepercayaan yang tinggi di hati anggota, sehingga mampu meningkatkan loyalitas anggota pada KSPPS BMT El Amanah. Dari latar belakang masalah tersebut mendorong penulis untuk melakukan penelitian dengan judul “Strategi KSPPS BMT El Amanah dalam menjaga loyalitas anggota pada produk simpanan ”.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana strategi KSPPS BMT El Amanah Kendal dalam menjaga loyalitas anggota. Penelitian dilakukan di KSPPS BMT El Amanah Kendal pasar kota Kendal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data dari penelitian yaitu wawancara dan dokumentasi.
Dari hasil pengamatan yang telah dilakukan, strategi KSPPS BMT El Amanah menggunakan strategi intensif dengan penawaran atas produk simpanan maupun pinjaman. Dilakukan melalui strategi penetrasi pasar dengan mempromosikan dan menyebar brosur-brosur. Kemudian strategi pengembangan pasar dengan mengenalkan produk-produk ke daerah yang jauh dari lokasi kantor dan strategi pengembangan
produk dengan menciptakan produk pilihan dan menarik sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dr. H. Ahmad Furqon, Lc., MA. |
Uncontrolled Keywords: | Loyalitas anggota; Produk tabungan; Lembaga simpan pinjam |
Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3) |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 22 Sep 2017 05:49 |
Last Modified: | 04 Jun 2021 13:26 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7292 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year