Hubungan antara kecerdasan emosional dengan perilaku keagamaan siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Petarukan Pemalang
Sidiq, Abdurrohman (2017) Hubungan antara kecerdasan emosional dengan perilaku keagamaan siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Petarukan Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (813kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (160kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (518kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (430kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (345kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (139kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (149kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (325kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas mengenai hubungan antara kecerdasan emosional dengan perilaku keagamaan siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Petarukan Pemalang. Dalam penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan: 1) bagaimana kecerdasan emosional siswa (X); 2) bagaimana perilaku keagamaan siswa (Y); 3) adakah Hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan perilaku keagamaan siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Petarukan Pemalang.
Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 5 Petarukan Pemalang berjumlah 260 siswa. Dengan melihat populasi kelas VIII, sehingga pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling, yakni dengan mengambil 15% dari populasi yaitu 40 responden yang diambil secara acak. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan pendekatan kuantitatif, yaitu penelitian yang mendasarkan pada perhitungan angka-angka atau statistik dari suatu variabel untuk dapat dikaji secara terpisah, dan kemudian dihubungkan. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis statistik atau analisis kuantitatif. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil angket kecerdasan emosional di atas, menunjukkan bahwa kecerdasan emosional siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Petarukan Pemalang dalam kategori “cukup", yaitu pada interval 69– 76, dengan rata-rata adalah 73,85. 2) hasil angket perilaku keagamaan di atas, menunjukkan bahwa perilaku keagamaan siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Petarukan Pemalang dalam kategori “cukup", yaitu pada interval 69 –79, dengan rata-rata adalah 75,45. Kecerdasan emosional mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap perilaku keagamaan siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Petarukan Pemalang. Hal itu terbukti dengan hasil perhitungan analisis regresi satu prediktor sebesar 24,697 dan dk = 38. Berdasarkan tabel regresi diketahui bahwa untuk derajat kebebasan (dk) = 38, Ftabel pada taraf signifikansi 5% = 4,10 dan 1% = 7,35. Maka nilai Freg sebesar 24,697 lebih besar daripada Ftabel, baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1%. Oleh karena itu, hasilnya dinyatakan signifikan dan hipotesis yang diajukan peneliti diterima.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para civitas akademika, para mahasiswa, para guru dan kepala sekolah khususnya dalam meningkatkan kecerdasan emosional yang dimiliki serta memperbaiki perilaku baik dengan Allah SWT maupun dengan sesama manusia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dr. H. Raharjo, M. Ed. St. |
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan emosional; Perilaku keagamaan |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 20 Oct 2017 07:46 |
Last Modified: | 20 Oct 2017 07:46 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7414 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year