Pengaruh penggunaan metode examples non examples dan mind mapping dengan multimedia proyektor terhadap hasil belajar kemampuan menulis karangan bahasa indonesia siswa kelas III MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang tahun ajaran 2015/2016
Masaroh, Safi’atullaila (2017) Pengaruh penggunaan metode examples non examples dan mind mapping dengan multimedia proyektor terhadap hasil belajar kemampuan menulis karangan bahasa indonesia siswa kelas III MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (688kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (207kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (425kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (338kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (392kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (191kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (12kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (8MB) | Preview
Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal terhadap pembelajaran bahasa Indonesia, pokok bahasan menulis karangan sederhana pada siswa kelas III MI Miftahul Akhlaqiyah Bringin Semarang, ditemukan permasalahan bahwa selama pembelajaran guru masih dominan mengajar dengan metode ceramah yang kurang mengaktifkan siswa sehingga keterampilan siswa dalam menulis karangan masih rendah. Siswa mengalami kesulitan dalam pemilihan kosa kata, penggunaan tanda baca, menuangkan ide dalam bentuk kalimat dan mengembangkannya menjadi sebuah karangan.
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah: bagaimana pengaruh penggunaan metode Examples Non Examples dan Mind Mapping dengan multimedia proyektor terhadap hasil belajar kemampuan menulis karangan bahasa Indonesia siswa kelas III MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang tahun ajaran 2015/2016.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif desain eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III yang terbagi menjadi dua kelas dengan jumlah peserta didik 62, dengan kelas III A yang terdiri dari 31 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas III B yang terdiri dari 31 peserta didik sebagai kelas kontrol.
Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik uji perbedaan rata-rata yaitu analisis uji t test. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar (post test) kelompok yang menggunakan Metode Examples Non Examples dan Mind Mapping adalah 77,26 sedangkan rata-rata hasil belajar yang menggunakan metode ceramah adalah 71,45. Berdasarkan hasil uji t test diperoleh bahwa thitung = 2,276 dan ttabel = 1,67 karena t = 2,276 > 1,67 = t_((0,05;60)) maka H_o ditolak atau maka H_a diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas kontrol. Artinya pembelajaran menggunakan metode Examples Non Examples dan Mind Mapping dapat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Ketrampilan menulis; Bahasa Indonesia |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 27 Oct 2017 01:40 |
Last Modified: | 05 Jun 2021 07:54 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7431 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year