Peningkatan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi pokok silaturrahim melalui penerapan metode gallery walk di kelas IV MI Nurussibyan Tugu Semarang tahun pelajaran 2016/2017
Sihat, Sihat (2016) Peningkatan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi pokok silaturrahim melalui penerapan metode gallery walk di kelas IV MI Nurussibyan Tugu Semarang tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (982kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (333kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (542kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (427kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (386kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (165kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (146kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (1MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang penggunaan Penerapan Metode Gallery Walk untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Kajiannya dilatar belakangi oleh Rendahnya kemampuan memahami Al-Qur’an Hadits siswa. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Apakah Penerapan Metode Gallery Walk dapat meningkatkan hasil belajar siswa mapel Al-Quran Hadits materi Silaturrahim kelas IV di MI Nurussibyan Randugarut Kecamatan Tugu Tahun Pelajaran 2016/2017?.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reseach) dengan sifat PTK dilakukan secara mandiri yang artinya peneliti melakukan PTK tanpa kerjasama dengan guru lain. Metode pengumpulan data yang digunakan dokumentasi, observasi dan metode tes. Penelitian dilakukan dengan menggunakan 2 siklus dengan langkah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Untuk mengetahui keefektifan Penerapan Metode Gallery Walk menggunakan teknik analisis deskriptif.
Kajian ini menunjukkan bahwa Pembelajaran Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits pada materi Silaturrahim dengan menggunakan Penerapan Metode Gallery Walk dapat meningkatkan hasil belajar siswa di MI Silaturrahim kelas IV di MI Nurussibyan Randugarut Kecamatan Tugu. Hal ini dapat dilihat dari sebelum yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa. siklus I diperoleh nilai rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 60,88 siswa yang tuntas sebanyak 10 siswa atau 65 % sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 7 siswa atau 35 % dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 60,88%. Dalam siklus II yang membahas materi Hikmah Silaturrahim. Berdasarkan hasil evaluasi dari siklus II diperoleh nilai rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 88,23, siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa atau 88 % dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 2 siswa atau 12 % siswa dengan ketuntasan klasikal sebeasr 88 % dan dengan rata-rata kelas 88,23.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Hasil belajar; Al-Qur'an; Hadits |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 09:08 |
Last Modified: | 04 Dec 2021 04:02 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7473 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year