Pengaruh jenjang pendidikan dan motivasi kerja terhadap kinerja guru
Rohmat, Muhammad Zidny (2015) Pengaruh jenjang pendidikan dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Masters thesis, UIN Walisongo.
135112006_awal.pdf - Cover Image
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (594kB) | Preview
135112006_bab1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (168kB) | Preview
135112006_bab2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (378kB) | Preview
135112006_bab3.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (184kB)
135112006_bab4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (180kB)
135112006_bab5.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (89kB) | Preview
135112006_bibliografi.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (111kB) | Preview
Abstract
Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungannya jenjang pendidikan dan motivasi kerja terhadap kinerja guru, dan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan jenjang pendidikan dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah Sekecamatan Guntur Kabupaten Demak yang dirasa kinerja gurunya masih rendah.
Kinerja (prestasi kerja, performance) guru adalah hasil yang dicapai guru dalam melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya didasarkan atas kecakapan, pengalaman, kesungguhan, dan waktu dengan output yang dihasilkan tercermin baik kuantitas maupun kualitas. Sedangkan jenjang pendidikan adalah tahap dalam pendidikan yang berkelanjutan yang ditetapkan berdasarkan tingkat perkembangan para peserta didik, keluasan bahan pengajaran, dan tujuan pendidikan yang dicantumkan dalam kurikulum. Adapun motivasi kerja adalah penggerak atau pendorong dalam diri seorang guru untuk mau berprilaku dan bekerja dengan giat dan baik sesuai dengan tugas dan kuwajiban yang telah diberikan kepadanya sesuai dengan yang telah direncanakan.
Data yang diperoleh dari 11 lembaga pendidikan MI yang keseluruhan gurunya sebagai populasi berjumlah 114 guru, untuk pengambilan data menggunakan angket yang disebar ke 41 responden penelitian. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, dimana semua gejala yang diamati, diukur dan diwujudkan dalam angka dan dianalisa secara statistik. Dengan menetapkan indikator dan diwujudkan dalam butir angket yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan Statistik Deskriptif, kemudian data tersebut di analisis menggunakan Analisis regresi sederhana dan ganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan antara jenjang pendidikan guru dengan kinerja guru MI sekecamatan Guntur Kabupaten Demak dengan presentasi sebesar 10,1%, dan terdapat hubungan antara motivasi kerja guru dengan kinerja guru MI sekecamatan Guntur Kabupaten Demak dengan presentasi sebesar 31,2%, dan terdapat hubungan secara bersama-sama antara jenjang pendidikan dan motivasi kerja dengan kinerja guru MI sekecamatan Guntur Kabupaten Demak dengan presentasi sebesar 29,9%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja guru; Jenjang pendidikan; Motivasi kerja |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Master (S2) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 27 Nov 2017 08:31 |
Last Modified: | 27 Nov 2017 08:31 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7516 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year