Efektivitas penggunaan media animasi terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPA materi pokok pesawat sederhana di MI Miftahul Huda Pakis Aji Jepara
Jannah, Nurul (2017) Efektivitas penggunaan media animasi terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPA materi pokok pesawat sederhana di MI Miftahul Huda Pakis Aji Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
133911041.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (8MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh media pembelajaran yang digunakanmasih sederhana, kurangnya perhatian anak saat pembelajaran, dan kemauan belajar rendah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media animasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPA materi pokok pesawat sederhana di MI Miftahul Huda Pakis Aji Jepara. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MI Miftahul Huda Pakis Aji Jepara.Bentuk eksperimen dalam penelitian ini posttest only design. Penelitian ini menggunakan seluruh populasi menjadi sampel yaitu kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas Eksperimen. Teknik pegumpulan data dilakukan dengan metode, wawancara tidak terstruktur, tes, dan dokumentasi. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh gambaran umum dan data siswa. Metode tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar kognitif siswa. Instrumen hasil belajar terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumenuntuk pengujian validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran dari nilai ulangan semester gasal. Kelas eksperimen dalam pembelajarannya menggunakan media animasidan kelas kontrol dalam pembelajarannya tidak menggunakan media animasi.Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara pembelajaran dengan media animasi dan pembelajaran tanpa menggunakan media animasi. Hasil analisis N-gainkelas kontrol sebesar -11,330 dan kelas eksperimen sebesar 2,200 hal ini menunjukkan peningkatan hasil belajar kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan media animasi lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang pembelajarannya tidak menggunakan media animasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajarn sains; Media animasi; Media pembelajaran; Hasil belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mohamad Akyas |
Date Deposited: | 25 Apr 2018 07:03 |
Last Modified: | 05 Jun 2021 07:42 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7642 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year